Bantul berupaya tingkatkan investasi UMKMK

id bantul

Bantul berupaya tingkatkan investasi UMKMK

Kabupaten Bantul (Foto Istimewa) (istimewa)

Bantul (Antara Jogja) - Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Kabupaten Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta, berupaya meningkatkan investasi para pelaku usaha mikro kecil, menengah dan koperasi di daerah ini.

"Peningkatan investasi dilakukan dengan mengembangkan iklim usaha yang kondusif, menjamin kepastian berusaha," kata Kepala Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Bantul Sri Muryuwantini di Bantul, Selasa.

Ia mengatakan peningkatan investasi juga dilakukan dengan peningkatan kualitas sistem pelayanan investasi, pemenuhan sarana dan prasarana pendukung investasi dan peningkatan daya saing dan kerja sama kemitraan usaha mikro kecil, menengah dan koperasi (UMKMK).

Salah satu upaya peningkatan investasi di Bantul yang dilakukan instansinya yaitu Temu Bisnis pada Kegiatan Kerja sama di Bidang Penanaman Modal antara UMKMK dengan sejumlah pengusaha besar pada akhir Maret 2017.

"Investasi merupakan faktor penting sebagai penggerak pembangunan bidang ekonomi. Peningkatan investasi diharapkan memberikan dampak positif dalam meningkatkan pertumbuhan ekonomi daerah maupun ekonomi rakyat," katanya

Menurut dia, beragam potensi dan peluang investasi di Bantul menunjukkan gambaran sumber daya sumber daya daerah yang diharapkan dapat mendorong munculnya investasi baru maupun meningkatkan investasi yang ada.

"Yang nantinya berdampak pada penyerapan tenaga kerja, pengurangan angka kemiskinan serta peningkatkan pendapatan retribusi dan pajak," katanya.

Ia juga mengatakan, usaha peningkatan investasi di Bantul diarahkan untuk mendorong pertumbuhan ekonomi yang ujungnya adalah pencapaian kesejahteraan rakyat.

Menurut dia, fasilitasi pertemuan antara UMKMK dengan pengusaha besar saat itu bertujuan agar terjalin kemitraan sehingga ada hubungan simbiosis mutualisme antarkedua pihak.

"Dengan kemitraan itu diharapkan UMKMK semakin berdaya saing dan semakin berkembang. Di sisi lain pengusaha juga mendapatkan manfaat dengan bermitra dengan UMKMK di Bantul," katanya.
KR-HRI
Pewarta :
Editor: Nusarina Yuliastuti
COPYRIGHT © ANTARA 2024