Disperindag gelar pameran potensi daerah Sleman kreatif

id sleman

Disperindag gelar pameran potensi daerah Sleman kreatif

Kabupaten Sleman (Foto Istimewa)

Sleman (Antara Jogja) - Dinas Perindustrian dan Perdagangan Kabupaten Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta, akan menggelar Pameran Potensi Daerah 2017 dengan mengangkat tema "Sleman Kreatif Menuju Smart Regency" pada 18 hingga 27 Mei di Kompleks Gedung Serbaguna Sleman.

"Kegiatan yang digelar dalam rangka hari jadi Kabupaten Sleman ke 101 ini bertujuan untuk mengenalkan dan mempromosikan berbagai potensi daerah dan budaya yang terdapat di 17 kecamatan," kata Kepala Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Disperindag) Kabupaten Sleman Tri Endah Yitnani, Selasa.

Menurut dia, selain potensi ekonomi berupa produk unggulan UMKM yang ada di Sleman, kegiatan tersebut juga memamerkan kinerja serta prestasi dan inovasi yang telah diraih kalangan usaha, pemerintah daerah dan masyarakat di Kabupaten Sleman.

"Nantinya akan ditampilkan produk-produk UKM dan UMKM yang kreatif dalam desain maupun kemasan dan metode pemasarannya serta proses produksinya, juga produk seni budaya yang kreatif," katanya.

Ia mengatakan, kegiatan Pameran Potensi Daerah (PPD) 2017 ini juga dimaksudkan untuk membangun citra Kabupaten Sleman sebagai daerah yang prospektif dan kondusif untuk investasi.

"Pameran sekaligus juga untuk menguji kesiapan pelaku usaha, pemerintah dan masyarakat dalam mewujudkan "Sleman Smart Regency" pada 2021 untuk menghadapi pasar global, khususnya Masyarakat Ekonomi ASEAN (MEA) 2020," katanya.

Tri Endah mengatakan, pembukaan PPD 2017 akan dilaksanakan Kamis 18 Mei pukul 16.00 WIB oleh Bupati Sleman Sri Purnomo diawali dengan "Sleman IKM Carnival" (SIC) pada pukul 12.00 WIB dengan start dari Lapangan Desa Sendangadi dan finis di Lapangan Denggung.

"Karnaval akan diikuti 30 kelompok dan sentra IKM Sleman. Karnaval ini juga memberikan penghargaan bagi penampilan terbaik, inovasi terbaik, dan koreografi terbaik dengan hadiah uang total Rp12 juta," katanya.

Ia mengatakan, dalam pembukaan PPD 2017 tersebut juga akan dilakukan pengundian pemenang program belanja berhadiah di pasar tradisional dengan hadiah utama dua unit sepeda motor.

"Setelah pengundian dilanjutkan penampilan kesenian tradisional, kesenian dari kecamatan dan penampilan band modern," katanya.
V001
Pewarta :
Editor: Nusarina Yuliastuti
COPYRIGHT © ANTARA 2024