Konsultasi belajar siswa diserbu peserta UN

id belajar

Konsultasi belajar siswa diserbu peserta UN

Ilustrasi (Foto antaranews.com)

Jogja (Antara) - Program konsultasi belajar siswa yang dijalankan Dinas Pendidikan Kota Yogyakarta diserbu peserta ujian nasional baik tingkat SMP maupun SD yang ingin memperoleh bantuan memahami mata pelajaran tertentu.

"Jumlah siswa yang melakukan konsultasi meningkat, khususnya untuk siswa kelas VI dan IX yang sebentar lagi akan menjalani ujian nasional (UN)," kata Kepala Bidang Pendidik dan Tenaga Kependidikan Data dan Sistem Informasi Pendidikan Dinas Pendidikan Kota Yogyakarta Samiyo di Yogyakarta, Selasa.

Dinas Pendidikan Kota Yogyakarta menjalankan konsultasi belajar siswa (KBS) secara "online" yang bisa diakses melalui laman "KBS online", dan konsultasi belajar secara "offline" dengan datang langsung menemui narasumber.

Kedua jenis konsultasi belajar siswa tersebut melayani pertanyaan siswa untuk berbagai mata pelajaran, khususnya mata pelajaran yang diujikan dalam ujian nasional.

Konsultasi belajar untuk siswa SD melayani mata pelajaran Bahasa Indonesia, Matematika dan IPA, sedangkan untuk jenjang SMP ditambah mata pelajaran Bahasa Inggris.

"Jumlah siswa yang mengakses layanan konsultasi belajar secara offline juga cukup banyak. Mereka datang ke kantor Dinas Pendidikan sesuai jadwal yang sudah ditetapkan," katanya.

Setiap hari, lanjut Samiyo, ada lebih dari lima siswa yang mengakses layanan konsultasi belajar offline. Jadwal untuk SD adalah Selasa, Kamis dan Sabtu, sedangkan SMP dijadwalkan pada Senin, Rabu dan Jumat. Layanan dibuka pukul 19.00-21.00 WIB.

"Banyak yang datang karena bisa langsung memperoleh jawaban dari soal yang ditanyakan. Jika melalui konsultasi belajar online, jawaban mungkin tidak akan langsung diberikan," katanya.

Dinas Pendidikan, lanjut Samiyo, belum akan menambah jumlah narasumber yang membantu memberikan jawaban atas pertanyaan-pertanyaan yang diajukan karena durasi layanan dinilai sudah cukup.

Samiyo berharap, layanan konsultasi belajar siswa tersebut dapat membantu siswa di Kota Yogyakarta agar memiliki persiapan yang lebih baik saat menghadapi ujian nasional.

(E013)
Pewarta :
Editor: Hery Sidik
COPYRIGHT © ANTARA 2024