Pesta Pendidikan Yogyakarta dimeriahkan puluhan komunitas

id Pesta Pendidikan Yogyakarta

Yogyakarta (Antara Jogja) - Pesta Pendidikan 2017 yang akan digelar di Kota Yogyakarta akhir pekan ini akan dimeriahkan puluhan komunitas yang memiliki kepedulian terhadap pendidikan secara luas yang tidak terbatas hanya pada pendidikan formal.

"Jumlah komunitas yang terlibat dalam Pesta Pendidikan di Kota Yogyakarta merupakan yang terbanyak bila dibanding dua kegiatan yang sudah kami lakukan sebelumnya di Bandung dan Ambon," kata Ketua Pesta Pendidikan 2017 Arninta Puspitasari di Yogyakarta, Jumat.

Komunitas yang akan terlibat di antaranya adalah Kampus Guru Cikal, Taruna Siaga Bencana (Tagana) Kota Yogyakarta, Nusantara Bertutur, Raptor Club Indonesia, Ketjil Bergerak, Komunitas Bank Sampah dan Ayo Dongeng Indonesia.

Penyelenggaraan Pesta Pendidikan 2017 di Yogyakarta akan dipusatkan di Kompleks Balai Kota Yogyakarta pada Sabtu (22/4) dan Minggu (23/4), baik untuk kegiatan pertunjukan seni hingga kegiatan "talk show" dan diskusi dengan sejumlah komunitas.

"Kami juga memperoleh dukungan dari sejumlah musisi asal Kota Yogyakarta untuk memeriahkan kegiatan ini. Di antaranya Jogja Hip Hop Foundation, hingga Sheila on 7," katanya.

Pada penyelenggaraan Pesta Pendidikan 2017 di Kota Yogyakarta juga akan digelar kegiatan "Inspiring Teacher" untuk memberikan penghargaan kepada guru-guru atau tenaga pendidik yang dinilai inspiratif.

Masyarakat yang ingin datang ke acara tersebut diwajibkan membawa satu buku sebagai ganti tiket. Buku yang terkumpul akan disumbangkan ke sejumlah sekolah di DIY yang membutuhkan.

Setelah dari Yogyakarta, kota berikutnya yang menjadi sasaran penyelenggaraan Pesta Pendidikan 2017 adalah Makassar dan puncak kegiatan akan diselenggarakan di Jakarta pada 2 Mei atau bertepatan dengan Hari Pendidikan Nasional.

Sementara itu, Sekretaris Dinas Pendidikan Kota Yogyakarta Budi Santoso Ashrori memberikan apresiasi terhadap penyelenggara karena memilih Yogyakarta sebagai tuan rumah penyelenggaraan acara.

"Kegiatan ini sangat mendukung upaya pemerintah untuk mewujudkan Kota Yogyakarta sebagai kota pendidikan yang berkualitas," katanya.

(E013)