Bupati: orangtua harus bantu siswa persiapkan UN

id Bupati: orangtua harus bantu siswa persiapkan UN

Bupati: orangtua harus bantu siswa persiapkan UN

Ilustrasi (Anatarafoto.com)

Sleman, (Antara Jogja) - Bupati Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta Sri Purnomo meminta para orangtua untuk membantu anak-anaknya dalam mempersiapkan ujian nasional baik tingkat sekolah dasar maupun sekolah menengah pertama agar dapat memperoleh hasil optimal.

"Peran orangtua terutama dalam menghadapi ujian nasional tingkat SD dan SMP nanti sangat besar dan agar mengingatkan anaknya untuk selalu belajar," kata Sri Purnomo Sabtu.

Menurut dia, disamping itu orangtua juga harus menjaga agar anak jangan selalu melihat televisi maupun bermain telepon genggam.

"Yang utama lagi orangtua jangan justru melihat televisi disaat anaknya belajar," katanya.

Kepala Bidang Pembinaan SMP Dinas Pendidikan Kabupaten Sleman Ery Widaryana mengatakan untuk pelaksanaan ujian nasional tingkat SMP akan menggunakan sistem ujian nasional berbasisi komputer (UNBK)

"Sedangkan untuk UNBK serentak akan laksanakan pada 2,3,4 dan 8 Mei 2017. Ada 136 SMP dimana 85 menggelar secara mandiri dan sisanya akan menumpang ke SMA/SMK terdekat," katanya.

Menurut dia, sekolah yang UNBK menumpang di sekolah lain, seluruh prosedur yang berlaku sudah dilalui. Bahkan beberapa sekolah sudah mengikuti simulasi yang digelar beberapa waktu lalu.

"Penggunaan fasilitas milik SMA/SMK terdekat tersebut dilakukan karena untuk jenjang SMA/SMK sudah menggelar UNBK pada awal April sehingga sarana yang dimiliki bisa dimanfaatkan," katanya.

Ia mengatakan, di Kabupaten Sleman UNBK 2017 akan diikuti 14.577 siswa yang terdiri dari 6.919 siswa dari 48 SMP negeri yang menggelar ujian mandiri dan 2.326 siswa dari 28 SMP swasta yang menyelenggakan ujian mandiri, kemudian 511 siswa dari tiga MTs negeri pelaksana ujian mandiri dan 696 siswa dari enam MTs swasta pelaksana ujian mandiri.

"Sementara peserta yang menumpang terdiri dari 802 siswa dari tujuh SMP negeri kemudian, 1.020 siswa dari MTs negeri, 1.974

siswa dari SMP swasta dan 329 siswa dari tujuh MTs swasta," katanya.


(U.V001)
Pewarta :
Editor: Luqman Hakim
COPYRIGHT © ANTARA 2024