SMP di Gunung Kidul siap laksanakan UNBK

id unbk smp

SMP di Gunung Kidul siap laksanakan UNBK

Ilustrasi, simulasi ujian berbasis komputer (UNBK) tingkat SMP( ANTARA FOTO/Destyan Sujarwoko/pd/17)

Gunung Kidul, (Antara Jogja) - Dinas Pendidikan, Pemuda, dan Olahraga Kabupaten Gunung Kidul, Daerah Istimewa Yogyakarta, menyatakan seluruh Sekolah Menengah Pertama di daerah itu siap melaksanakan Ujian Nasional Berbasis Komputer 2017 minggu depan.

Sekretaris Disdikpora Kabupaten Gunung Kidul Bahron Rosyid di Gunung Kidul, Senin, mengatakan seluruh sekolah yang melaksanakan UNBK sudah diberikan komputer, sedangkan 36 sekolah akan digabung ke sekolah lain.

"Semua komputer yang dibeli sudah didistribusikan ke sekolah, semuanya sudah siap melaksanakan UNBK," katanya.

Ia mengatakan total pengadaan 942 komputer dengan nilai Rp4,5 miliar.

Pengadaan ratusan komputer tidak harus melalui lelang karena prosesnya melalui e-katalog.

Oleh karenanya, pengadaan dapat berlangsung lebih cepat karena tidak butuh proses lelang untuk menentukan rekanan pemenang pengadaan.

"Kami sudah melakukan persiapan mulai pengecekan listrik hingga jaringan internet," katanya.

Bahron mengatakan pengadaan komputer untuk 106 SMP, dari total 142 SMP di Gunung Kidul. Namun, ada 36 sekolah yang harus digabung ke sekolah lain. Tidak semua sekolah yang digabung karena kekurangan prasarana.

Pihak Disdikpora melalui sekolah sudah mempersiapkan berbagai kebutuhan ujian nasional. Diharapkan dengan persiapan mulai dari uji coba bisa mengoptimalkan potensi yang ada sehingga pelaksanaan ujian mulai Selasa (2/5) berjalan dengan baik.

"Pihak sekolah juga menyiapkan simulasi UNBK agar para siswa terbiasa mengerjakan soal dengan komputer," katanya.

Pada kesempatan terpisah, Kepala SMP Negeri 1 Saptosari Suyanta mengatakan pihaknya sudah melakukan persiapan dengan latihan kepada 153 siswa agar terbiasa menggunakan metode UNBK. Dengan menggunakan 50 komputer, akan dilakukan ujian melalui tiga sesi.

"Persiapan sudah 85 persen, nanti saat ujian semuanya akan siap," katanya. ***4***

(KR-STR)

Pewarta :
Editor: Victorianus Sat Pranyoto
COPYRIGHT © ANTARA 2024