Bantul dikunjungi 53.000 wisatawan libur akhir pekan

id kunjungan wisatawan, bantul

Bantul dikunjungi 53.000 wisatawan libur akhir pekan

Pantai Baru, Kabupaten Bantul, DIY (Foto ANTARA/Sidik)

Bantul, 25/4 (Antara) - Dinas Pariwisata Kabupaten Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta, mencatat semua objek wisata di daerah itu telah dikunjungi sekitar 53.000 wisatawan selama libur panjang akhir pekan lalu.

"Jumlah pengunjung yang masuk objek wisata Bantul selama libur akhir pekan kemarin sekitar 53.000 orang dengan pendapatan retribusi sebesar Rp250 juta," kata Sekretaris Dinas Pariwisata Bantul Jati Bayu Broto di Bantul, Selasa.

Dia menjelaskan akumulasi jumlah pengunjung wisatawan ke sejumlah objek wisata andalan Bantul yang sebanyak itu memang belum sesuai harapan awal, namun diakui jumlah kunjungan tersebut lebih besar dibandingkan dengan tingkat kunjungan hari libur biasa.

"Kita tidak menargetkan, tetapi harapan kita seperti tahun kemarin yaitu bisa dikunjungi sekitar 59.000 orang, tetapi prediksinya tidak sesuai, karena anak SMP di awal bulan nanti baru akan ujian," katanya.

Jati Bayu Broto mengatakan kunjungan wisatawan ke Bantul, terutama ke pantai selatan didominasi pelajar, sehingga pelaksanaan ujian nasional SMP yang digelar pekan depan berpengaruh terhadap tingkat kunjungan.

Namun demikian, kata dia, tingkat kunjungan wisatawan ke destinasi Bantul selama triwulan pertama 2017 naik dibandingkan triwulan pertama 2016. Hal itu ditunjukkan dengan perolehan retribusi wisata dari sebesar Rp3 miliar naik menjadi Rp3,6 miliar.

"Yang pasti kita pantau pengunjung ke objek wisata di awal tahun ini ada peningkatan dibanding tahun sebelumnya pada periode yang sama. Ini karena ada destinasi pantai baru yang kunjungannya mulai ramai," katanya.

Ia mengatakan destinasi wisata baru di kawasan pantai selatan yang makin ramai dikunjungi wisatawan di antaranya, Pantai Cemara Sewu dan Gumuk Pasir kawasan Pantai Parangkusumo. Objek wisata itu ramai karena informasinya cukup banyak diunggah ke media sosial.

"Destinasi tersebut kita pantau luar biasa ramai, dan kami kira cukup signifikan menambah kunjungan wisatawan ke Bantul, namun kunjungan terbanyak tetap di Pantai Parangtritis," katanya. ***1***
Pewarta :
Editor: Eka Arifa Rusqiyati
COPYRIGHT © ANTARA 2024