Warga lereng Merapi gelar "Boyong Songsong Kapanewon"

id Warga lereng Merapi gelar Boyong Songsong Kapanewon

Warga lereng Merapi gelar "Boyong Songsong Kapanewon"

Gunung Merapi (Foto antaranews.com) (antaranews.com)

Sleman, (Antara Jogja) - Masyarakat di lereng Gunung Merapi menggelar kegiatan budaya "Boyong Songsong Kapanewon" di halaman Kantor Kecamatan Cangkringan, Kabupaten Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta, Kamis.

Prosesi upacara "Boyong Songsong Kapanewon" tersebut diawali dengan kirab dari berbagai bregodo (barisan), antara lain bregodo perangkat desa dan bregodo sekolah, dari halaman kecamatan Cangkringan menuju lapangan yang berada di depan Kecamatan Cangkringan.

Bupati Sleman Sri Purnomo selaku inspektur upacara mengatakan "Boyong Songsong" tersebut sebagai sarana melestarikan budaya sekaligus hiburan bagi masyarakat Kecamatan Cangkringan dan sekitarnya.

Dalam rangkaian kegiatan `Boyong Songsong` tersebut juga dilakukan berbagai kegiatan dan lomba yang berkaitan dengan seni dan budaya Jawa.

"Hal tersebut menunjukkan bahwa aparat Kecamatan Cangkringan sangat peduli dengan kebudayaan Jawa yang adiluhung," kata Bupati.

Ia mengatakan budaya Jawa mengandung pendidikan yang luhur sehingga perlu dilestarikan oleh semua pihak termasuk generasi muda.

Boyong Songsong Kapanewon Cangkringan merupakan acara budaya untuk memperingati perpindahan ibu kota Kecamatan Cangkringan dari Pedukuhan Bronggang ke Pedukuhan Panggung pada 27 April 2013.

Selain untuk melestarikan budaya, kegiatan itu juga dijadikan sebagai penarik wisatawan ke kecamatan itu.






(U.V001)
Pewarta :
Editor: Luqman Hakim
COPYRIGHT © ANTARA 2024