Ribuan warga Kulon Progo saksikan aerobatik JIAS

id aerobatik

Ribuan warga Kulon Progo saksikan aerobatik JIAS

Ilustrasi penampilan tim aerobatik TNI Angkatan Udara(antaranews.com)

Kulon Progo (Antara) - Ribuan warga Kabupaten Kulon Progo, Daerah Istimewa Yogyakarta, menyaksikan manuver Aerobatik dari The Jupiters pada Jogja International Air Show (JIAS) 2017 di Alun-alun Wates.

"Ternyata antusiasme warga Kulon Progo sangat luar biasa. Kami merasa bangga dan terharu dengan kegiatan ini, dan Insyaallah akan terus mendukung agar kegiatan semacam ini dapat terus berlangsung setiap tahun," kata Komandan Lanud Adisutjipto Marsma TNI Novyan Samyoga di Kulon Progo, Jumat.

Ia mengatakan Jogja International Air Show (JIAS) 2017 memang berbeda dibanding tahun-tahun sebelumnya. Selain dilaksanakan di kabupaten/kota di DIY, juga diikuti atlet mancanegara.

Kegiatan JIAS yang pertama kali dilaksanakan di Alun-alun Wates ini mendapat apresiasi dan dikagumi oleh ribuan penonton kalangan masyarakat. Setelah sekitar 30 menit terkesima dengan manuver The Jupiter warga kemudian disuguhi atraksi aeromodeling. Setelah melihat show aermodeling, kembali warga masyarakat Kulon Progo kembali di debarkan dengan atraksi-atraksi puluhan penerjun profesional dari berbagai penjuru dunia.

Tercatat ada 62 atlet dari 18 Negara yang turut ambil bagian dalam penerjunan ini, yaitu USA, Rusia, Norwegia, Canada, Malaysia, Thailand, Korsel, China, Philipina, Italy, Perancis, German, Irlandia, Belgia, UAE, Belanda, Finlandia, dan Singapura.

"JIAS diikuti atlet-atlet mancanegara dari 18 negara," katanya.

Pada JIAS 2017 warga antusias menyaksikan pentas udara yang antara lain ditampilkan pesawat membawa Banner melintas, trike paramotor, display Jupiter Aerobic Team, terjun payung, paramotor, aeromodeling, kesenian jatilan dan pameran. Warga juga tampak ceria dengan berfoto bersama para penerjun dan foto di depan helikopter.

Penjabat Bupati Kulon Progo Budi Antono berharap dengan kegiatan ini dapat memotivasi dan memberikan pengetahuan bagi masyarakat Kulon Progo terkait kedirgantaraan dan TNI AU.

Untuk itu, Pemkab Kulon Progo beserta masyarakat Kulon Progo menyampaikan terima kasih sebesar-besarnya kepada Danlanud atas dilaksanakannya JIAS di Kulon Progo kepada dan menyampaikan selamat HUT TNI AU.

"Ada info membanggakan bagi masyarakat Kulon Progo, salah satu putra terbaik Kulon Progo, akhid sebagai lulusan terbaik pilot sukhoi yang ada di Rusia. Ini bisa memotivasi," kata Budi Antono.

(KR-STR)