UNY dorong minat mahasiswa-dosen dalam kreasi dan penelitian

id UNY

UNY dorong minat mahasiswa-dosen dalam kreasi dan penelitian

UNY (Foto Istimewa)

Jogja (Antara) - Universitas Negeri Yogyakarta mendorong minat mahasiswa dan dosen dalam kreasi serta penelitian melalui pameran pendidikan bertajuk "Jogja Fair 2017".

"Pameran tersebut menampilkan ratusan produk hasil karya mahasiswa dan dosen," kata Rektor Universitas Negeri Yogyakarta (UNY) Sutrisna Wibawa di Yogyakarta, Jumat.

Pada pembukaan "Jogja Fair 2017" dalam rangka memeriahkan Dies Natalis Ke-53 UNY, Sutrisno mengatakan produk yang ditampilkan dalam pameran itu meliputi produk penelitian dan produk kreatif berupa metode pembelajaran untuk siswa, kewirausahaan, dan karya buku.

Menurut dia, pameran itu menjadi pertanggungjawaban program studi dan jurusan yang ada di UNY, tentang bagaimana kontribusi dan kinerjanya selama ini untuk pembangunan.

Oleh karena itu, pengelola program studi dan jurusan di UNY diminta untuk terus berinovasi sehingga kualitas pendidikan semakin baik.

"UNY sebagai lembaga pendidik dan tenaga kependidikan (LPTK) bukan hanya dituntut mampu menghasilkan insan yang pandai mengajar, tetapi juga dapat membuat terobosan akademik untuk memberikan solusi terhadap masalah yang ada dalam masyarakat," katanya.

Dalam pameran itu, kata dia, pengunjung dapat menambah wawasan dengan cara belajar langsung dari stan yang ada. Stan batik, misalnya, menyediakan alat membatik dan instrukturnya secara cuma-cuma.

"Pameran itu bertujuan untuk lebih mendekatkan UNY dengan masyarakat. Pengunjung pameran dapat memberikan saran, kritik, dan masukan menyangkut inovasi dan layanan institusi," kata Sutrisno.

Ketua Dies Natalis Ke-53 UNY Zainal Arifin mengatakan pameran tersebut untuk memfasilitasi masyarakat, sivitas akademika, dan institusi pendidikan dalam memperoleh akses informasi tentang pendidikan di UNY.

"Pameran yang berlangsung selama lima hari (28/4-2/5) itu juga dimeriahkan oleh berbagai lomba, olimpiade vokasi, `service` gratis, `fruit carving competition`, dan `talkshow`," kata Zainal.

(B015)
Pewarta :
Editor: Hery Sidik
COPYRIGHT © ANTARA 2024