Perguruan tinggi diharapkan jadi gravitasi pengembangan ilmu

id Perguruan tinggi diharapkan jadi gravitasi pengembangan ilmu

Perguruan tinggi diharapkan jadi gravitasi pengembangan ilmu

Suasana UGM-Huawei Tech Day di Grha Sabha Pramana, UGM, Yogyakarta. (Foto Antara/ Bambang Sutopo Hadi)

Yogyakarta, (Antara Jogja) - Perguruan tinggi harus dapat memposisikan diri sebagai pusat gravitasi dalam pengembangan ilmu pengetahuan, kata Wakil Rektor Universitas Gadjah Mada Bidang Kerja Sama dan Alumni Paripurna Sugarda.

"Dalam konteks itu, perguruan tinggi harus dapat menempatkan kreativitas dan inovasi ke dalam posisi yang strategis," katanya di Grha Sabha Pramana Universitas Gadjah Mada (UGM) Yogyakarta, Sabtu.

Pada "UGM-Huawei Tech Day" bertema "Technology for Social Innovation" yang dihadiri sekitar 300 mahasiswa, Paripurna mengatakan, hal itu untuk mewujudkan kemandirian dan daya saing bangsa.

"UGM menjawab tantangan itu dengan melakukan reorientasi akademik sebagai `research university` yang didorong oleh `spirit socio entrepreneur`," katanya.

Menurut dia, inisiasi Huawei itu merupakan bentuk dukungan industri terhadap upaya UGM mewujudkan "socio entrepreneur university" dengan membantu UGM mempersiapkan lulusan yang memenuhi standar industri.

Selain itu, juga untuk mengetahui problem industri lebih awal, mendapatkan "update" inovasi teknologi di industri, dan menyampaikan inovasi terkini yang dilakukan kampus.

"Kami menyambut baik inisiasi Huawei yang telah menjadikan UGM sebagai mitra di bidang pendidikan dalam program SmartGen, yang salah satu bentuk konkretnya adalah kegiatan Tech Day," kata Paripurna.

Director of Public Affairs and Communication Huawei Indonesia Selina Wen mengatakan, kegiatan itu merupakan Tech Daya pertama setelah Huawei menandatangani nota kesepahaman untuk program SmartGen bersama tujuh universitas.

"Hal itu merupakan komitmen kami untuk melatih talenta teknologi informasi dan komunikasi (TIK) muda di Indonesia. Kami di Huawei percaya TIK akan membentuk dunia, bahkan menjadi `enabler` untuk pembangunan ekonomi dan peningkatan standar kehidupan," katanya.

Ia mengemukakan, "UGM-Huawei Tech Day" merupakan hasil kolaborasi PT Huawei Tech Investment (Huawei Indonesia) dengan UGM.

Hal itu merupakan bagian dari program Huawei SmartGen di mana Huawei melakukan kunjungan kampus untuk berbagi pengetahuan tentang teknologi terkini di bidang TIK, solusi digital, gaya hidup dan tren ke depan.

"Program SmartGen merupakan inisiasi dari Huawei pada 2017 untuk mengembangkan kemampuan talenta muda Indonesia di bidang TIK melalui kerja sama dengan tujuh universitas melalui lima program yakni Tech Day, Huawei Experience Day, Smart Campus Consultancy, Seeds for the Future, dan Student Internship," kata Selina.

(U.B015)
Pewarta :
Editor: Luqman Hakim
COPYRIGHT © ANTARA 2024