Tiga saluran irigasi Yogyakarta diperbaiki gunakan DAK

id irigasi

Tiga saluran irigasi Yogyakarta diperbaiki gunakan DAK

Jaringan irigasi (Foto antaranews.com)

Yogyakarta (Antara Jogja) - Dinas Pekerjaan Umum, Perumahan, dan Kawasan Permukiman Kota Yogyakarta melelangkan tiga paket pekerjaan perbaikan saluran irigasi yang dibiayai menggunakan dana alokasi khusus pada tahun ini.

"Ada tiga pekerjaan irigasi yang dibiayai dengan dana alokasi khusus (DAK). Lokasinya tersebar seperti di Sidikan, Mujamuju, dan Bendo Sirah. Semuanya masih dalam proses lelang pengadaan," kata Kepala Bidang Sumber Daya Air Dinas Pekerjaan Umum, Perumahan, dan Kawasan Permukiman Kota Yogyakarta Aki Lukman di Yogyakarta, Rabu.

Alokasi anggaran untuk pekerjaan perbaikan saluran irigasi di Sidikan ditetapkan sekitar Rp1,24 miliar, saluran drainase di Mujamuju Rp2,22 miliar, dan di Bendo Sirah dianggarkan Rp303,3 juta.

Lelang untuk ketiga paket pekerjaan tersebut diharapkan sudah dapat diselesaikan pada pertengahan Mei sehingga pekerjaan dapat segera dilakukan meskipun akan memasuki Ramadhan.

"Meskipun sudah memasuki Ramadhan, kami tetap akan kerjakan karena tidak banyak mengganggu akses jalan. Pekerjaan baru akan dihentikan pada H-7 hingga H+7 Lebaran. Sesudahnya dapat dimulai lagi," katanya.

Aki mengatakan bahan baku yang dibutuhkan untuk perbaikan saluran irigasi tersebut adalah batu, pasir, dan semen.

"Tidak membutuhkan `box culvert` atau bahan lain yang harus dipesan sebelumnya. Harapannya, pekerjaan dapat diselesaikan dalam waktu singkat," katanya.

Selain menggunakan DAK, Pemerintah Kota Yogyakarta juga mengeluarkan anggaran untuk perbaikan saluran drainase guna mengurangi genangan di sejumlah titik saat musim hujan.

Perbaikan saluran air hujan akan dilakukan di antaranya di Kelurahan Tegalrejo dengan dana hampir Rp1 miliar serta di Kelurahan Purwokinanti dengan dana sekitar Rp499 juta, dan pemeliharaan saluran air hujan di Jalan Diponegoro dengan dana Rp343 juta.

"Tahun ini, kami juga akan melakukan perbaikan drainase dengan dana cukup besar, yaitu perbaikan tahap terakhir drainase di Jalan Kenari dengan alokasi anggaran Rp17,5 miliar. Pekerjaan dimulai usai Lebaran," katanya.

(E013)
Pewarta :
Editor: Nusarina Yuliastuti
COPYRIGHT © ANTARA 2024