Puluhan ribu wisatawan kunjungi wisata Gunung Kidul

id objek wisata Gunung Kidul

Puluhan ribu wisatawan kunjungi wisata Gunung Kidul

Pantai Baron Kabupaten Gunung Kidul dipadati pengunjung (Foto ANTARA/Mamiek)

Gunung Kidul (Antara Jogja) - Sebanyak 21.062 wisatawan mengunjungi destinasi wisata beretribusi di Kabupaten Gunung Kidul, Daerah Istimewa Yogyakarta, pada libur Waisak 2017, Kamis.

Sekretaris Dinas Pariwisata Gunung Kidul Hary Sukmono di Gunung Kidul, mengatakan jumlah wisatawan paling banyak mengunjungi di kawasan pantai, mulai Baron, Kukup, Karakal, hingga Pulang Sawal atau lebih dikenal Pantai Indrayanti.

"Kunjungan wisata hari ini 21.062 orang, itu belum total karena sebagian pos kecil belum laporan," katanya.

Ia mengatakan dari total 21.062 wisawatan mampu menyumbang Pendapatan Asli Daerah (PAD) sebesar Rp182.583.000. Jumlah kunjungan masih didominasi oleh wisata pantai yang mencapai 80 persen dari total kunjungan.

Sisanya sebesar 20 persen berasal dari objek wisata Gunung Api Purba Nglangran, dan objek wisata minat khusus lain seperti Gua Pindul. "Pantai tetap menjadi idola," katanya.

Hary mengatakan pihaknya menambah jumlah kebersihan dan petugas pemungut retribusi. Melihat tren kunjungan, kami optimistik target PAD tahun 2017 ini yang berjumlah sekitar Rp24 miliar dapat tercapai.

"Semoga target PAD tercapai, kalau bisa melebihi target yang ditentukan," katanya.

Dia mengatakan pihaknya akan memperbaiki kualitas parwisata dengan menambah berbagai sarana dan prasarana yang ada untuk kenyamanan para wisatawan.

"Kami akan menambah jumlah bak sampah dan berbagai fasilitas lain," katanya.

Sementara salah satu pengelola Snorkeling Pantai Nglambor Adhitya mengatakan libur Waisak banyak dimanfaatkan wisatawan untuk berkunjung. Pengelola Bintang Nglambor Senorkeling ini mengakui peningkatan 30 persen dibandingkan libur biasa. "Semoga tren kunjungan ini semakin meningkat," katanya.



(KR-STR)