Pemprov DIY minta Bantul kembangkan destinasi wisata

id Bantul

Pemprov DIY minta Bantul kembangkan destinasi wisata

Kabupaten Bantul (Foto Istimewa)

Bantul, (Antara Jogja) - Dinas Pariwisata Daerah Istimewa Yogyakarta mengharapkan Pemerintah Kabupaten Bantul meningkatkan peran dalam pengembangan destinasi wisata di daerahnya agar makin menarik dikunjungi wisatawan.

"Menurut pendapat saya di Bantul ini perlu ditingkatkan perannya pemerintah daerah (pemda) di dalam mengembangkan destinasi wisata," kata Kepala Dinas Pariwisata (Dispar) DIY Aris Riyanta di Bantul, Sabtu.

Menurut dia, perlunya pemda termasuk Bantul untuk meningkatkan peran dalam pengembangan destinasi wisata karena Pemda DIY melalui instansinya sudah berperan mengembangkan destinasi wisata di kabupaten.

Ia mengatakan, salah satunya kegiatan Jogjakarta International Airshow (JIAS) di Pantai Depok Bantul, beberapa waktu lalu. JIAS ide awalnya dari Dispar DIY dan Pangkalan Udara (Lanud) Adisutjipto, dan kedepan bisa lebih dikembangkan lagi oleh Pemkab Bantul.

"Harapan kami Pemda Bantul bisa kembangkan kawasan Pantai Depok dengan pendapatan asli daerah (PAD)-nya, karena PAD Bantul dari sektor pariwisata 90 persen diperoleh dari retribusi masuk pantai Depok," katanya.

Aris mengatakan, Pemda DIY juga sudah mengembangkan fasilitas di pantai selatan Bantul untuk mendukung kegiatan atau event bertaraf internasional seperti Festival Perahu Naga dan festival layang-layang internasional.

"Banyak sekali kegiatan yang dilaksanakan di pantai Bantul, bahkan bertaraf internasional, sehingga kiranya Pemkab Bantul khususnya Dispar untuk bisa mengkreasikan dan mencoba kembangkan potensi yang ada menjadi lebih bagus lagi," katanya.

Aris berharap, dalam pengembangan sektor pariwisata, pemkab tidak tergantung pada anggaran pendapatan dan belanja daerah (APBD) DIY, mengingat Pemda juga juga punya perhatian terhadap destinasi di kabupaten lain di DIY selain Bantul.

"Ada hal hal yang sebetulnya oleh Dispar Bantul bisa dikembangkan dan jangan hanya `tergantung` dari Pemda DIY. Dengan PAD wisata semestinya dikembangkan dan ditata yang lebih baik lagi. Kami sudah sering mendorong," katanya.***3***

(KR-HRI)
Pewarta :
Editor: Victorianus Sat Pranyoto
COPYRIGHT © ANTARA 2024