Anggota DPRD harapkan PDAM sosialisasikan layanan aduan

id DPRD

Anggota DPRD harapkan PDAM sosialisasikan layanan aduan

DPRD (Foto Istimewa)

Bantul (Antara) - Anggota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah Kabupaten Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta, mengharapkan Perusahaan Daerah Air Minum Tirta Dharma aktif menyosialisasikan nomor layanan aduan pelanggan yang disiapkan lembaga itu.

"Saya berharap PDAM lebih proaktif mensosialisasikan layanan aduan sehingga pelanggan yang butuh mengadu bisa dilayani dengan sebaik mungkin, cepat dan mudah," kata Anggota Komisi B DPRD Bantul Setiya di Bantul, Minggu.

Menurut dia, perlunya sosialisasi yang aktif terkait nomor layanan aduan PDAM Bantul itu agar semua pelanggan dapat menyampaikan jika ada keluhan dengan langsung menghubungi customer service PDAM di nomor 0811.284.8000.

Dengan demikian, kata dia, tidak ada pelanggan PDAM yang menyampaikan keluhan tentang pelayanan Badan Usaha Milik Daerah (BUMD) itu ke media sosial (medsos) justru bisa membuat citra PDAM tidak baik di masyarakat.

"Dengan menghubungi saluran tersebut akan langsung diketahui oleh PDAM dan bisa langsung diberikan tindakan. Lha kalau di sosmed, `kan belum tentu sampai ke PDAM, padahal sesaat itu citra PDAM jadi sangat buruk," katanya.

Setiya mengatakan, adanya keluhan pelanggan PDAM Bantul di sebuah medsos, di satu sisi harus dihargai karena sekaligus memberikan gambaran atas layanan dan juga untuk melakukan pengawasan kinerja BUMD.

"Namun di sisi lain kita sayangkan karena menyampaikan di sosial media bisa jadi malah menambah buruk keadaan, tidak secara langsung mendapatkan solusi," katanya.

Dirinya juga sempat mendapatkan kiriman di medsos tentang keluhan tersebut yang kemudian langsung ditanggapi dan menanyakan informasi alamat, keluhan atas layanan PDAM untuk segera dikonfirmasikan agar mendapat tanggapan.

"Dan tidak sampai 24 jam PDAM sudah melakukan perbaikan layanan, sebenarnya PDAM sudah kita sarankan memiliki saluran aduan, dan sekarang sudah dirilis," katanya.

Selain aktif sosialisasikan nomor layanan aduan, kata dia, semestinya PDAM Tirta Dharma Bantul selalu melakukan kemudahan-kemudahan dan peningkatan layanan kepada pelanggan.

"Sehingga nanti kalau layanannya meningkat, bisa saja tarif disesuaikan. Karena sampai saat ini tarif langganan air di PDAM Bantul paling rendah," katanya.

(KR-HRI)