Hiswana DIY jamin stok elpiji selama Ramadhan

id elpiji

Hiswana DIY jamin stok elpiji selama Ramadhan

ilustrasi (Foto: Antara/Aimmatul Choiriyah/14/ags)

Yogyakarta (Antara Jogja) - Ketua Himpunan Wiraswasta Nasional Minyak dan Gas Bumi Daerah Istimewa Yogyakarta Siswanto memastikan stok elpiji bersubsidi selama Ramadhan hingga Lebaran di daerah itu aman.

"Selama ini pasokan elpiji di DIY aman dan siap ditambah ketika permintaan meningkat," kata Siswanto di Yogyakarta, Selasa.

Menurut Siswanto, untuk memastikan ketersediaan elpiji di setiap pangkalan atau agen, PT Pertamina bersama Hiswana Migas DIY akan membuat posko satgas yang akan ditempatkan di lima kabupaten/kota.

"Petugas yang berjaga akan memastikan ketersediaan elpiji di daerah setempat aman atau tidak ada potensi kelangkaan," kata dia.

Menghadapi tingginya permintaan selama Ramadhan hingga Lebaran, seluruh agen elpiji yang ada di Stasiun Pengisian Bahan Bakar Umum (SPBU) di wilayah DIY juga diminta beroperasi selama 24 jam.

Menurut dia, saat ini stok elpiji di DIY mencukupi. Meski demikian mulai Juni 2017 pasokan elpiji akan ditingkatkan lima hingga enam persen dari pasokan normal 104.000 tabung per hari. "Tambahan lima hingga enam persen saya kira cukup untuk memenuhi tingginya kebutuhan masyarakat," kata dia.

Ketua Bidang Elpiji Hiswana Migas DIY Iwan Setiawan berharap masyarakat langsung membeli elpiji di pangkalan terdekat. Selain untuk menjamin kualitas, masyarakat juga akan mendapatkan kepastian harga sesuai HET. "Agar terhindar dari spekulasi harga di tingkat pengecer, kami sarankan langsung membeli elpiji ke pangkalan," kata dia.

Meski demikian, untuk menghindari potensi kelangkaan dan lonjakan harga jauh di atas HET Hiswana DIY bersama Dinas Perindustrian dan Perdagangan DIY akan meningkatkan pengawasan pendistribusian pasokan di lapangan. "Pengawasan harga sudah masuk ranah Disperindag DIY dan kabupaten/kota," kata dia.
L007
Pewarta :
Editor: Nusarina Yuliastuti
COPYRIGHT © ANTARA 2024