Kamis, 21 September 2017

Sleman galakkan budaya gotong royong masyarakat

id Sleman
Sleman galakkan budaya gotong royong masyarakat
Kabupaten Sleman (Foto Istimewa)
Sleman (Antara) - Bupati Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta Sri Purnomo mencanangkan Bulan Bhakti Gotong Royong Masyarakat XIV di Balai Desa Harjobinangum Kecamatan Pakem, untuk menggalakkan budaya gotong royong di masyarakat setempat, Kamis.

"Gerakan gotong royong di tengah masyarakat harus selalu dibudayakan dan digalakkan kembali. Gerakan gotong royong di tengah masyarakat sudah mulai sulit ditemukan, khususnya pada masyarakat modern," kata Sri Purnomo.

Menurut dia, pudarnya gotong royong di masyarakat salah satunya dikarenakan pesatnya perkembangan teknologi informasi dan munculnya media sosial yang mengurangi interaksi antar anggota masyarakat.

"Dalam kehidupan yang serba modern seperti saat ini, kesempatan orang untuk bergotong royong ini semakin sulit. Ditambah lagi dengan adanya media sosial yang serba cepat dan automatis," katanya.

Ia mengatakan, gerakan gotong royong akan berdapmpak positif di tengah kehidupan masyakrakat. Dengan bergotong royong maka masyarakat menjalin komunikasi dan interaksi secara langsung.

"Dengan begitu akan mengurangi risiko terjadinya kesalahpahaman di dalam kehidupan bermasyarakat," katanya.

Sementara Camat Pakem Siti Wahyu Purwaningsih?mengatakan salah satu program Kecamatan Pakem terkait kegiatan gotong royong masyarakat Kecamatan Pakem adalah penanaman sejuta sayur, buah dan Tanaman Obat Keluarga (Toga).

"Masyarakat Kecamatan Pakem diharapkan memiliki kebun di lingkungan sekitarnya, setidaknya kebun dengan media tanam polibag. Target kami di pada 2017 ini, semua sekolahan, BUMD, instansi pemerintahan, dalam rumah tangga, semua memiliki kebun sayur walaupun dengan polibag," katanya.

Acara yang bertepatan dengan peringatan Hari Kesatuan Gerak PKK ke-45 tersebut mengangkat tema "Dengan Bulan Bhakti Gotong Royong Masyarakat, Kita Dayagunakan Peran Lembaga Kemasyarakatan Desa sebagai Mitra Kerja".

Sebelum prosesi pencanangan BBGRM XIV di Balai Desa Harjobinangun, Bupati Sleman terlebih dahulu melakukan penaburan benih ikan di lahan mina padi Dusun Blembem Lor, Desa Harjobinangun.

Kemudian dilanjutkan dengan menandatangani prasasti dan meresmikan Taman Toga di Di Dusun Klarangan, Desa Harjobinangun. Selanjutnya menanam sayur dan cabai di SMK Hamong Putera, Dusun Pojok Desa Harjobinangun.

Acara ditutup dengan penyerahan piala penghargaan kepada 36 kelompok PKK berprestasi se Kabupaten Sleman.

(V001)

Editor: Hery Sidik

COPYRIGHT © ANTARA 2017

Baca Juga