Sleman optimistis target enam juta wisatawan tercapai

id wisatawan

Sleman optimistis target enam juta wisatawan tercapai

Kabupaten Sleman (Foto Istimewa)

Sleman (Antara Jogja) - Dinas Pariwisata Kabupaten Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta optimistis target kunjungan wisatawan sebanyak enam juta orang pada 2017 dapat tercapai.

"Kami optimistis target kunjungan wisatawan ini dapat tercapai, meskipun saat ini di Sleman masih diberlakukan moratorim pembangunan hotel," kata Kepala Dinas Pariwisata Kabupaten Sleman Sudarningsih, Senin.

Menurut dia, di Sleman terdapat destinasi wisata yang bisa menarik kunjungan wisatawan Mulai wisata sejarah budaya seperti candi, wisata alam di lereng Gunung Merapi dan desa-desa wisata, hingga wisata buatan banyak bertebaran di Sleman.

"Di wilayah Sleman timur, ada sembilan candi, seperti Prambanan," Boko, Ijo, Banyunibo, Baron, Sari, Kalasan, Sambisari dan Gebang yang bisa menjadi daya tarik wisatawan," katanya.

Ia mengatakan, di Sleman terdapat 31 desa wisata terdiri atas sembilan desa wisata mandiri, delapan desa wisata berkembang dan 14 desa wisata tumbuh.

"Selain itu di Sleman terdapat sekitar 300 `home stay` yang siap menampung wisatawan. Kami juga lebih mengarahkan para wisatawan terutama romongan study tour siswa sekolah untuk menginap di desa-desa wisata ataupun `home stay` di Sleman," katanya.

Sudarningsih mengatakan, upaya peningkatan jumlah kunjungan wisatawan ke Kabupaten Sleman tetap terus dilanjutkan, melalui promosi secara intensif, masif dan terukur.

"Promosi yang dilakukan antara lain melalui kegiatan travel dialogue, famtrip, fasilitasi blogger dan komunitas yang ada, ikut serta dalam pameran-pameran kepariwisataan dan tentunya melalui media yang ada, baik media konvensional seperti koran, radio, dan televisi, media luar ruang, serta dengan lebih memanfaatkan media sosial seperti WA, Instagram, twitter, youtube dan lain sebagainya," katanya.

Ia mengatakan, selain itu, kerja sama dengan stakeholder pariwisata lain seperti pihak travel agent, pihak hotel, restoran, universitas dan OPD lain, baik di tingkat Kabupaten, DIY, dan pusat terus ditingkatkan baik kuantitas maupun kualitasnya, sehingga semakin banyak wisatawan yang berkunjung ke Kabupaten Sleman.

"Selama periode Januari hingga April 2017, tercatat sebanyak 2.121.884 wisatawan mengunjungi sejumlah destinasi wisata di Kabupaten Sleman. Bila dibandingkan dengan periode yang sama pada 2016, terdapat kenaikan sebesar 439.587 kunjungan wisatawan," katanya.

Ia mengatakan, kunjungan wisatawan di Kabupaten Sleman didominasi? kunjungan ke objek wisata candi (40,15 persen), objek wisata alam?(30,86 persen), objek wisata museum (17,73 persen), objek wisata buatan (6,75 persen), dan desa wisata (4,50 persen)," katanya.

"Destinasi wisata yang menjadi favorit kunjungan wisatawan adalah Candi Prambanan, Candi Ratu Boko, Kaliurang, Tebing Breksi, Museum Gunungapi Merapi, Museum Ullen Sentalu," dan beberapa desa wisata," katanya.
V001
Pewarta :
Editor: Victorianus Sat Pranyoto
COPYRIGHT © ANTARA 2024