Dispar bangun tempat istirahat untuk kenyamanan wisatawan

id Gunung Kidul

Dispar bangun tempat istirahat untuk kenyamanan wisatawan

logo Pemkab Gunung Kidul (foto istimewa)

Gunung Kidul (Antara) - Dinas Pariwisata Kabupaten Gunung Kidul, Daerah Istimewa Yogyakarta, membangun tempat istirahat (rest area) guna memberikan kenyamanan bagi wisatawan.

"Selama ini, tempat istirahat baru ada satu di Gunung Kidul yakni tempat istirahat Bunder, Playen," kata Sekretaris Dinas Pariwisata (Dispar) Gunung Kidul Hary Sukmono di Gunung Kidul, Selasa.

Ia mengatakan Dispar berupaya melakukan penambahan rest area. Untuk itu, pihaknya saat ini masih melakukan kajian lokasi dimana akan didirikan rest area.

"Kami masih terus melakukan kajian dimana lokasi tambahan rest area," katanya.

Hary mengatakan pihaknya juga berkoordinasi dengan pengurus masjid. Intinya, diminta kerja samanya dalam upaya memberikan keleluasaan bagi wisatawan untuk beribadah atau sekadar singgah. "Harapannya memaksimakan fungsi rumah ibadah, sehingga perlu melibatkan banyak pihak," katanya.

Dia mengatakan pertimbangan rumah ibadah dijadikan rest area karena melihat dinamika wisatawan yang memadati masjid saat waktu shalat tiba. Sekarang, Dispar menjalin komunikasi intensif dengan pengurus masjid. Harapannya, puncak liburan pada mudik Lebaran mendatang wisatawan terlayani dengan baik.

"Selesai beribadah wisatawan beristirahat, dan aktivitas positif yang lain," katanya.

Salah seorang pengurus masjid di wilayah Kecamatan Patuk Tugiran, tidak mempermasalahkan rumah ibadah dijadikan rest area. Kepada siapa saja yang istirahat di masjid, diminta untuk menjaga kesucian rumah ibadah.

Tata tertib selama di dalam masjid hendaknya diperhatikan, misalnya larangan menyalakan telepon genggam saat beribadah.

"Jaga kebersihan lingkungan masjid. Jangan buang sampah sembarangan," katanya.

(KR-STR)