Bupati: pariwisata ujung tombak perekonomian Gunung Kidul

id Gunung kidul

Bupati: pariwisata ujung tombak perekonomian Gunung Kidul

Gunung Kidul D.I.Yogyakarta (Foto Antara/Agus Priyanto)

Gunung Kidul, (Antara Jogja) - Bupati Gunung Kidul, Daerah Istimewa Yogyakarta, Badingah, mengharapkan pariwisata dan sektor pertanian menjadi ujung tombak perekonomian di wilayah itu.

"Visi misi kami yakni membangun Kabupaten Gunung Kidul menjadi tujuan pariwisata yang terkemuka dan berbudaya, tentunya perlu dukungan. Salah satunya kita akan mempermudah investor masuk ke Gunung Kidul karena merupakan sektor unggulan," kata Badingah dalam HUT ke-186 Kabupaten Gunung Kidul, Selasa.

Badingah berharap dengan perayaan jari jadi bisa menumbuhkan semangat masyarakat untuk membangun daerahnya. Apalagi masih ada sejumlah pekerjaan yang harus diselesaikan mulai tata kelola pemerintahan hingga masalah sosial.

"Ke depan, harapan kami Kabupaten Gunung Kidul menjadi kabupaten yang sejahtera `gemah ripah loh jinawi toto titi tentrem`. Selain itu dengan segala kerja keras berbagai elemen Gunung Kidul bisa menjadi tujuan pariwisata terkemuka dan berbudaya menuju masyarakat yang maju sejahtera berdaya saing," harapnya.

Dia mengatakan meski pariwisata berkembang pesat, namun sektor pertanian yang sebagian besar merupakan pekerjaan utama masyarakat di Gunung Kidul akan terus didukung agar berkembang.

"Sektor pertanian menjadi tulang punggung perekonomian," ucapnya.

Sementara dalam perayaan tahun 2017, pemkab berusaha menampilkan potensi lokal berupa tari tayub yang terkenal diluar daerah. Kesenian lokal asal Semin ini dimainkan oleh ratusan penari secara massal.

Ketua Panitia Kegiatan HUT ke-186 Kabupaten Gunung Kidul Agus Prihastoro mengatakan perayaan hari jadi ini kesempatan kita menggunggulkan potensi kesenian lokal.

Selain itu juga semarak berpakaian adat Yogyakarta serentak dilaksnakan untuk menyemarakan ulang tahun hari jadi ini.

"Antusias warga sangat besar dan kali ini kita tampilkan kesenian lokal asal Gunung Kidul," kata dia. ***1***

(KR-STR)
Pewarta :
Editor: Victorianus Sat Pranyoto
COPYRIGHT © ANTARA 2024