Ribuan wisatawan kunjungi Gembira Loka Zoo

id wisata, gembira loka zoo

Ribuan wisatawan kunjungi Gembira Loka Zoo

Kura-kura penghuni Kebun binatang Gembira Loka Yogyakarta (Foto antarafoto.com)

Yogyakarta, 25/5 (Antara) - Ribuan wisatawan dari berbagai daerah mengunjungi objek wisata Gembira Loka Zoo, Yogyakarta, pada libur perayaan Kenaikan Isa Almasih, Kamis.

Kepala Bagian Humas Gembira Loka Zoo (GL Zoo) Khrisyanto Agung Wibowo mencatat sejak kebun binatang itu buka pada pukul 09.00 WIB hingga pukul 15.00 WIB jumlah pengunjung sudah mencapai 6.000 orang.

"Mereka bukan saja datang dari wilayah Yogyakarta, tapi juga dari luar daerah seperti Jawa Tengah maupun Jawa Timur," kata dia.

Meski meningkat dari kunjungan hari normal yang biasanya mencapai 3.000-5.000 orang, Agung menilai kunjungan pada libur hari keagaamaan tahun ini cenderung berkurang jika dibandingkan tahun lalu. Hal itu, menurut dia, seiring dengan tren kunjungan wisata ke Yogyakarta yang secara umum juga menurun.

"Sekarang siklus kunjungan harian naik, tapi jika ditinjau dari siklus momentum liburan malah mengalami tren penurunan dibandingkan tahun-tahun sebelumnya. Oleh sebab itu tahun ini kami tidak mematok target (jumlah kunjungan wisatawan)," kata dia.

Pada momentum liburan kali ini, menurut Agung, manajemen tidak menyediakan pertunjukan satwa khusus seperti biasanya. Hanya, seluruh jam operasional wahana diperpanjang hingga pukul 17.00 WIB.

"Pada liburan kali ini tidak ada yang khusus. jumlah pertunjukan satwa terampil juga hanya enam kali sama seperti hari normal," kata dia.

Meski demikian, sebagai upaya meningkatakan daya tarik wisata yang selanjutnya berdampak pada peningkatan kunjungan, Manajemen GL Zoo berencana meluncurkan kandang onta bernuansa timur tengah pada Lebaran tahun ini.

Selanjutnya, menghadapi momentum libur Lebaran, GL Zoo telah melakukan sejumlah pembenahan seperti memperbaiki akses jalan, kandang, serta penyempurnaan berbagai fasilitas di dalamnya.

Agung mengatakan selain memperbaiki fasilitas pengunjung seperti toilet serta akses jalan, untuk menghadapi momen libur Lebaran juga dilakukan penggantian papan informasi serta papan nama satwa. Adapun harga tiket masuk di kawasan kebun binatang itu telah dinaikkan menjadi Rp30.000 per orang sejak 1 April hingga Lebaran. ***1***
Pewarta :
Editor: Eka Arifa Rusqiyati
COPYRIGHT © ANTARA 2024