UAD buka Pendidikan Agama Islam jenjang S-2

id UAD buka Pendidikan Agama Islam jenjang S-2

UAD buka Pendidikan Agama Islam jenjang S-2

Rektor UAD Kasiyarno menunjukkan SK Kementerian Agama tentang Izin Penyelenggaraan Program Studi Pendidikan Agama Islam pada Program Magister UAD (Foto Antara/Bambang Sutopo Hadi)

Yogyakarta (Antara Jogja) - Universitas Ahmad Dahlan Yogyakarta secara resmi membuka Program Studi Pendidikan Agama Islam jenjang strata dua (S-2), setelah menerima surat keputusan izin penyelenggaraan program studi tersebut dari Kementerian Agama.
     
"Kami siap menerima mahasiswa baru untuk program studi tersebut," kata Rektor Universitas AHmad Dahlan (UAD) Kasiyarno usai menerima Surat Keputusan (SK) Kementerian Agama Nomor 2587 Tahun 2017 tentang Izin Penyelenggaraan Program Studi Pendidikan Agama Islam pada Program Magister UAD di Yogyakarta, Rabu (24/5).

Menurut dia, program studi tersebut akan menerima sebanyak 20 mahasiswa untuk setiap penerimaan mahasiswa baru. Dalam satu tahun, program studi itu akan membuka pendaftaran dan penerimaan mahasiswa baru sebanyak dua kali.
     
"Semua yang dibutuhkan untuk menunjang penyelenggaraan program studi tersebut telah siap dan tersedia secara memadai, termasuk dosen dan infrastruktur. Semua yang dibutuhkan untuk penyelenggaraan program studi tersebut telah siap," katanya.
     
Ia mengatakan, UAD tertarik membuka Program Studi Pendidikan Agama Islam (PAI) jenjang S-2 karena pendidikan agama perlu diajar oleh orang-orang yang memiliki ilmu lebih luas, tidak sekadar S-1.
   
"Kalau S-2 itu diharapkan ilmu dan wawasannya lebih luas, dan dapat memberi contoh lebih bagus, sehingga diharapkan lebih baik," kata Kasiyarno.
     
Kepala Sub Direktorat Pengembangan Akademik Direktorat Pendidikan Tinggi Keagamaan Islam Kementerian Agama Mamat Salamet mengatakan pendidikan agama memerlukan sentuhan dari guru profesional yang memiliki wawasan luas.
     
"Jadi, tidak hanya yang berpikiran setaraf S-1 saja, tetapi mendapatkan bimbingan dan inspirasi dari guru yang sudah menjalani program pendidikan S-2," katanya.

(B015)

Pewarta :
Editor: Bambang Sutopo Hadi
COPYRIGHT © ANTARA 2024