Peran perempuan dalam politik dinilai strategis

id pdi perjuangan

Peran perempuan dalam politik dinilai strategis

Ilustrasi (Foto antaranews.com)

Yogyakarta (Antara Jogja) - Peran perempuan dalam dunia politik memiliki posisi strategis termasuk dalam proses pendidikan politik langsung ke masyarakat, kata Sekretaris DPD PDI Perjuangan Daerah Istimewa Yogyakarta Yuni Satya Rahayu.

"Keberadaan perempuan di dalam politik idealnya bukan hanya memenuhi keterwakilan perempuan dalam legislatif tetapi harus bisa berkiprah nyata dalam kehidupan bersama," katanya pada Rapat Koordinasi Bidang Kesehatan, Perempuan, dan Anak di Yogyakarta, Kamis.

Ia mengatakan rapat koordinasi itu bukan semata bertujuan pemenangan perolehan suara pada Pemilihan Umum (Pemilu) 2019, tetapi langkah partai membuat program kerja agar bisa selalu bersama masyarakat, hadir berjuang bersama.

"Kami juga berharap perempuan sebagai ibu rumah tangga perlu menjaga keluarga juga lingkungan agar tidak terpengaruh kelompok garis keras," kata Yuni.

Ketua Bidang Perempuan, Kesehatan, dan Anak DPP PDI Perjuangan Sri Rahayu mengatakan sudah saatnya perempuan tidak hanya fokus pada ranah domestik.

"Gerakan perempuan mempunyai kesempatan memberikan pendidikan politik, bukan hanya ikut di belakang layar. Perempuan harus ikut aktif," kata Sri Rahayu.

Martanti Indah Lestari dari Badan Pemberdayaan Perempuan dan Masyarakat (BPPM) Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) mengatakan keterlibatan perempuan dalam proses pendidikan sangat strategis karena bisa masuk ke ranah publik yang luas.

"Pemerintah DIY juga banyak memberikan dukungan untuk pemberdayaan perempuan serta perlindungan perempuan dan anak. Kami terbuka untuk melakukan pendampingan program, seperti bagaimana mewujudkan desa maupun kampung Pancasila," kata Martanti.

Rapat Koordinasi Bidang Kesehatan, Perempuan, dan Anak bertema "Penguatan Perempuan dalam Sistem Politik Indonesia" itu dihadiri perwakilan partai dari Kota Yogyakarta, Kabupaten Bantul, Kulon Progo, Gunung Kidul, dan Sleman.

(U.B015)
































































Pewarta :
Editor: Bambang Sutopo Hadi
COPYRIGHT © ANTARA 2024