UIN Yogyakarta bersiap menjadi World Class University

id Uin

UIN Yogyakarta bersiap menjadi World Class University

Wisudawan Universitas Islam Negeri (UIN) Sunan Kalijaga periode III tahun akademik 2017/2018. (istimewa)

Yogyakarta (Antara Jogja) - Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga Yogyakarta terus memperkuat dan memperluas jaringan kerja sama internasional dalam rangka menyiapkan diri menjadi World Class University.

"Salah satu upaya yang dilakukan adalah menyiapkan penerbitan Sunan Kalijaga: International Journal of Islamic Civilization (SK:IJIC)," kata Wakil Rektor Bidang Akademik dan Pengembangan Lembaga UIN Sunan Kalijaga Sutrisno di Yogyakarta, Rabu (24/5).

Pada upacara Rapat Senat Terbuka UIN Sunan Kalijaga dalam rangka wisuda periode III tahun akademik 2017/2018, Sutrisno mengatakan upaya itu untuk menguatkan posisi perguruan tinggi sebagai lembaga penghasil tenaga kerja yang berkualitas dan berdaya saing global.

Menurut dia, masih dalam rangka menuju World Class University, UIN Sunan Kalijaga dan Universitas George August Gottingen menyepakati kerja sama baru "scholars exchange" selama 5 tahun berupa program pertukaran dosen untuk memberikan kuliah di masing-masing institusi.

Selain penguatan dan perluasan kerja sama internasional, penguatan mutu internal UIN Sunan Kalijaga juga terus ditingkatkan untuk menyiapkan diri menjadi World Class University.

"Salah satunya melalui kegiatan visitasi penilaian mutu AUN-QA (ASEAN University Network-Quality Assurance (AUN-QA)," katanya.

Untuk tahap pertama, kata dia, penilaian dilakukan pada dua program studi yaitu Program Studi Pendidikan Agama Islam (PAI) Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan serta Program Studi Pendidikan Kimia Fakultas Sains dan Teknologi.

"Kedua program studi itu dipilih karena telah memiliki skor A untuk akreditasi nasional BAN-PT dan pertimbangan kemampuan kedua program studi tersebut menyusun Self Assessment Report (SAR) AUN-QA," kata Sutrisno.

UIN Sunan Kalijaga mewisuda sebanyak 749 lulusan terdiri atas satu orang lulusan program D-3, 659 lulusan S-1, 78 lulusan S-2, dan 11 lulusan S-3.

Wisudawan berasal dari Fakultas Adab dan Ilmu Budaya 72 orang, Fakultas Dakwah dan Komunikasi (111), Fakultas Syari'ah dan Hukum (93), Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan (88), Fakultas Ushuluddin dan Pemikiran Islam (77).

Fakultas Sains dan Teknologi 80 orang, Fakultas Ilmu Sosial dan Humaniora (33), Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam (106), dan Program Pascasarjana 78 orang.

(B015)
Pewarta :
Editor: Bambang Sutopo Hadi
COPYRIGHT © ANTARA 2024