Pemkab dorong pengelola desa wisata lebih profesional

id desa wisata

Pemkab dorong pengelola desa wisata lebih profesional

ilustrasi(bisnisukm.com)

Gunung Kidul (Antara Jogja) - Pemerintah Kabupaten Gunung Kidul, Daerah Istimewa Yogyakarta, mendorong pengelolaan desa wisata lebih profesional sehingga mampu menggerakan perekonomian dan menyejahterakan masyarakat.

Bupati Gunung Kidul Badingah di Gunung Kidul, Selasa, mengatakan pihaknya mendorong agar pengelolaan desa wisata profesional.

Saat ini, desa wisata memiliki prestasi pertama Desa Wisata Nglanggeran menerima penghargaan di ASEAN CBT (community based tourism ) Award Tahun 2017, dan Desa Wisata Bleberan yang memperoleh penghargaan dari Kementerian Desa Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi memberikan penghargaan desa wisata ilmu pengetahuan dan teknologi untuk Desa Wisata Bleberan, Kecamatan Playen.

"Kami berharap dua desa ini menjadi contoh bagi desa lain untuk mengelola potensinya," katanya.

Ia mengatakan potensi yang ada di desa harus bisa digunakan untuk kesejahteraan masyarakat. "Pemberdayaan masyarakat paling utama, jangan hanya dimanfaatkan segelintir orang," katanya.

Badingah mengatakan Pemkab Gunung Kidul akan memberikan bantuan kepada desa wisata untuk terus berkembang. Mulai dari perbaikan infrastruktur hingga pendampingan dalam pengembangannya.

Diakuinya, saat ini yang masih menjadi kendala adalah kendala air dan listrik. Untuk itu ke depan, pihaknya berupaya melakukan pemenuhan hak dasar itu.

"Kami berupaya mengajak semua pihak untuk bergerak demi kemajuan bersama," ucapnya.?

Sementara Ketua Desa Wisata Bleberan Tri Harjono mengungkapkan dalam pengelolaan desa wisata pihaknya melibatkan seluruh masyarakat, baik yang terlibat dalam BUMDEs ataupun tidak langsung. Semua masyarakat berperan dalam pengelolaan Desa Wisata Bleberan," katanya.
KR-STR