Organda DIY siapkan 840 bus mudik cadangan

id organda

Organda DIY siapkan 840 bus mudik cadangan

ilustrasi. (ANTARA FOTO/M Agung Rajasa)

Yoyakarta (Antara Jogja) - Organisasi Pengusaha Angkutan Darat Daerah Istimewa Yogyakarta menyiapkan 840 bus cadangan untuk mengantisipasi lonjakan penumpang saat arus mudik maupun balik Lebaran 2017.

"Sebanyak 840 bus pariwisata sebagai bus cadangan Lebaran sudah kami siapkan mulai sekarang," kata Ketua Organisasi Pengusaha Angkutan Darat (Organda) DIY Agus Adrianto di Yogyakarta, Rabu.

Menurut Agus, 840 armada cadangan tersebut seluruhnya merupakan bus pariwisata karena bus antarkota antarprovinsi (AKAP) yang digunakan untuk angkutan Lebaran dari DIY jumlahnya terbatas.

Jumlah bus AKAP yang tersedia saat ini mencapai 440 unit, sedangkan bus antarkota dalam provinsi (AKDP) berjumlah 449 unit.

Penyediaan bus cadangan itu, menurut dia, ditujukan untuk semua jurusan. Tujuan arus mudik serta balik Lebaran yang paling dominan tidak jauh berbeda dengan tahun-tahun sebelumnya, yakni Jawa Tengah dan Jakarta.

"Meski pada Lebaran tahun ini kami memperkirakan akan ada tren penurunan pengguna armada bus dibanding tahun lalu," kata dia.

Agus mengatakan saat ini bus-bus cadangan tersebut siap dioperasikan selama masa mudik Lebaran namun harus dipastikan memenuhi syarat tertentu seperti laik jalan agar tidak membahayakan penumpang. "Meski kami sudah cek, nanti akan ada gelar uji petik bus dari Dishub DIY," kata dia.

Selain memastikan kesiapan fisik angkutan, Organda DIY juga akan mengecek lagi kesiapan sumber daya manusia (SDM) pengemudi. Untuk jarak tempuh 400 kilometer, pengemudi bus wajib disiapkan dua orang. Pemeriksaan kesehatan setiap sopir akan dilakukan mendekati mudik Lebaran 2017.

Kepala Bidang Angkutan Darat Dinas Perhubungan DIY Harry Agus Triono mengatakan jumlah penumpang dan layanan bus pada momentum mudik Lebaran 2017 diperkirakan turun satu hingga tiga persen dibanding Lebaran 2016.

"Karena saat ini penumpang memiliki semakin banyak pilihan moda transportasi yang lebih baik dan cepat," kata Harry.

Pilihan moda transportasi itu, kata dia, seperti kereta api dan pesawat terbang yang selain menambah kapasitas penumpang, juga tampil lebih representatif dibandingkan dengan tahun-tahun sebelumnya untuk angkutan Lebaran.

Selain itu, penurunan jumlah layanan bus pada mudik Lebaran mendatang juga diperkirakan dipicu semakin banyaknya penyelenggaran program mudik gratis baik yang disediakan pemerintah maupun sponsor tertentu.

Kemenhub RI menyediakan sebanyak 23 bus dengan kapasitas 1.030 penumpang untuk program mudik gratis Lebaran 2017 dari Jakarta ke Yogyakarta. Selain mudik gratis, Kemenhub juga menyediakan armada untuk arus balik atau kembali dari Yogyakarta ke Jakarta secara gratis dengan menyediakan 11 bus untuk 495 penumpang.
L007
Pewarta :
Editor: Nusarina Yuliastuti
COPYRIGHT © ANTARA 2024