Gunung Kidul membangun panggung terbuka seni budaya

id Gunung kidul

Gunung Kidul membangun panggung terbuka seni budaya

Kabupaten Gunung Kidul (Foto Istimewa)

Gunung Kidul, (Antara Jogja) - Pemerintah Kabupaten Gunung Kidul, Daerah Istimewa Yogyakarta, membangun panggung terbuka untuk kegiatan budaya agar masyarakat bisa mengembangkan seni budaya.

Sekretaris Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Gunung Kidul Irawan Djatmiko di Gunung Kidul, Kamis, mengatakan anggaran untuk membangun panggung terbuka di taman kota itu sebesar Rp192 juta.

"Pembangunan panggung terbuka dilakukan dua tahap. Tahap pertama ini untuk pembangunan panggung, nanti tahap kedua finising akan dianggarkan lagi ditahap kedua di APBD perubahan atau APBD 2018, tetapi belum tahu berapa jumlahnya," katanya.

Ia mengatakan panggung terbuka bisa digunakan sebagai tempat anak muda menampilkan potensi dan hobi mereka kepada masyarakat. Panggung terbuka, tanpa atap.

"Anak muda butuh eksis dan kesempatan menunjukkan potensi dan minat mereka. Taman ini akan dibangun di sisi barat taman kota, di sana lokasinya cukup terbuka," katanya.

Irawan mengatakan untuk mewujudkan lokasi taman kota dengan fasilitas lengkap seperti di sana nanti juga akan dibangun jogging track, gazebo, taman baca, hingga penerangan ditambah. Harapannya lokasi bisa digunakan untuk taman bermain dan berekreasi keluarga. Untuk taman baca akan berkomunikasi dengan Kantor Perpustakaan dan Arsip Daerah.

Untuk membangun seluruh fasilitas akan dilakukan bertahap, dan diperkirakan akan selesai pada 2019 mendatang.

"Lokasi skateboard juga akan ditambah, nantinya setelah jadi bisa memanfaatkan fasilitas yang ada. Mereka juga dilibatkan untuk membangun lokasi," katanya.

Ketua DPRD Gunung Kidul Suharno mengatakan pada prinsipnya pihaknya setuju dengan penataan kota. Hal ini karena selama ini fasilitas taman kota masih kurang lengkap dan terkesan sepi.

"Konsep taman baca ini menarik, dan patut dikawal. Kami siap mendukung," katanya. ***4***

(KR-STR)
Pewarta :
Editor: Victorianus Sat Pranyoto
COPYRIGHT © ANTARA 2024