Bantul akan tingkatkan infrastruktur wisata Gua Cerme

id Bantul

Bantul akan tingkatkan infrastruktur wisata Gua Cerme

Kabupaten Bantul (Foto Istimewa)

Bantul, (Antara Jogja) - Dinas Pariwisata Kabupaten Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta, akan meningkatkan infrastruktur kawasan wisata Gua Cerme di Desa Selopamioro, Imogiri, agar semakin menarik dan nyaman dikunjungi wisatawan.

"Tahun ini kami ada anggaran sekitar Rp1 miliar untuk perbaikan infrastruktur dan sarana objek wisata Gua Cerme, ada empat pekerjaan yang direncanakan," kata Kepala Seksi (Kasi) Sarana dan Prasarana Dinas Pariwisata Bantul Nyono di Bantul, Kamis.

Menurut dia, peningkatan infrastruktur kawasan wisata Gua Cerme menjadi prioritas dikerjakan karena akses jalan menuju kawasan wisata yang sudah rusak, kemudian bangket yang ambrol akibat bencana tanah longsor beberapa waktu lalu.

Ia mengatakan, pekejaan fisik yang pertama adalah pembangunan jalan berupa cor blok, kemudian membangun bangket atau talud di tepi jalan menuju kawasan wisata yang pada musim kemarin kena banjir dan longsor.

"Kemudian penataan tanam kawasan wisata dan pembangunan ikon wisata Gua Cerme sebagai ciri atau identintas. Pekerjaan-pekerjaan itu karena banyak masukan dari masyarakat untuk kemajuan wisata," katanya.

Ia mengatakan, pekerjaan infrastruktur dan sarana wisata itu saat ini tahapannya sudah masuk pengerjaan untuk pembangunan cor blok, pekerjaan ini menjadi utama karena mendukung akses pekerjaan yang lainnya.

"Yang pertama itu pembangunan jalan yang sebelum Lebaran 2017 sudah selesai, sehingga saat liburan sudah bisa dipakai, untuk pekerjaan yang lain masih menunggu jalan. Pekerjaan jalan diperkirakan butuh waktu dua hari," katanya.

Nyono mengatakan, investasi di kawasan wisata Gua Cerme pada 2017 ini baru pertama dilakukan instansinya sejak beberapa tahun terakhir, hal ini ditempuh karena destinasi wisata itu punya potensi berkembang jika didukung akses dan sarana memadai.

"Investasi ini baru, karena selama beberapa tahun kemarin kosong tidak ada pekerjaan. Itu karena kondisi jalan sudah parah, dan kami melihat Gua Cerme ini bisa jadi kawasan wisata dengan minat khusus," katanya.

Sementara itu, berdasarkan perolehan pendapatan retribusi wisata Gua Cerme yang dicatat Dinas Pariwisata, pada 2016 mencapai Rp44 juta dari target sebesar Rp41 juta, kemudian pada 2015 dari target sebesar Rp27 juta realisasinya sebesar Rp39 juta.***1***

(KR-HRI)
Pewarta :
Editor: Victorianus Sat Pranyoto
COPYRIGHT © ANTARA 2024