Bantul siapkan sejumlah atraksi kesenian selama Lebaran

id Bantul

Bantul siapkan sejumlah atraksi kesenian selama Lebaran

Kabupaten Bantul (Foto Istimewa)

Bantul (Antara) - Dinas Pariwisata Kabupaten Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta menyiapkan sejumlah atraksi kesenian di beberapa objek wisata daerah ini selama libur Idul Fitri 1438 Hijriah.

"Ada beberapa kegiatan maupun festival kesenian yang akan kita tampilkan selama libur Lebaran di destinasi-destinasi wiata Bantul," kata pelaksana tugas Kepala Dinas Pariwisata Bantul Supriyanto di Bantul, Sabtu.

Menurut dia, atraksi kesenian yang ditampilkan selama libur Lebaran sejak H+2 itu berasal dari masyarakat sekitar juga kelompok kesenian di Bantul sebagai upaya pemberdayaan terhadap mereka.

"Mereka kelompok kesenian yang tampil ada yang melalui seleksi, ada beberapa yang telah ikut festival. Atraksi kesenian itu diharapkan bisa menjadi daya tarik dan menghibur wisatawan," katanya.

Ia mengatakan, beberapa objek wisata di Bantul yang akan dilengkapi dengan atraksi kesenian, di antaranya Pantai Parangtritis, Pantai Gua Cemara serta objek wisata lain yang punya potensi di bidang keseniannya.

Sementara itu terkait dengan kesiapan secara umum menghadapi libur Lebaran 2017, Supriyanto mengatakan sudah melakukan koordinasi dengan instansi terkait seperti Dinas Perhubungan dan Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP).

"Saya kira Dinas sudah rapat koordinasi bersama Dishub dan Saptol PP untuk menghadapi hari raya Idul Fitri, karena nanti di lapangan perlu bantuan pengamanan jalan serta arus lalu lintas," katanya.

Supriyanto mengatakan, selama libur Lebaran pendapatan asli daerah (PAD) dari penarikan retribusi wisata ditargetkan mencapai Rp1 miliar, dengan perolehan terbesar dari objek wisata Pantai Parangtritis.

"Sampai dengan akhir Mei pendapatan wisata sudah mencapai Rp6,2 miliar, kita optimistis hingga libur Lebaran selesai pendapatan bisa mencapai angka Rp7 miliar, retribusi terbesar tetap di Parangtritis," katanya.

(KR-HRI)