Bupati: penuhi kebutuhan lebaran dengan produk lokal

id bupati sleman

Bupati: penuhi kebutuhan lebaran dengan produk lokal

Bupati Sleman Sri Purnomo (Foto antaranews.com)

Sleman (Antara Jogja) - Bupati Sleman Sri Purnomo mengimbau masyarakat dapat menggunakan produk-produk yang dihasilkan pelaku usaha lokal dalam memenuhi kebutuhan Lebaran.

"Saya harapkan masyarakat bisa memenuhi kebutuhan Lebaran dari produk-produk lokal terutama yang dihasilkan oleh usaha mikro, kecil dan menengah," kata Sri Purnomo di Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta,

Selasa.

Menurut dia, masyarakat dan Aparatur Sipil Negara (ASN) Sleman diharapkan untuk senantiasa menjadikan produk-produk Sleman sebagai prioritas dalam memilih suatu produk atau barang kebutuhan Lebaran dan kebutuhan sehari-hari.

"Diharapkan bahwa UMKM Sleman untuk dapat menjaga produktifitasnya karena pasar akan lebih percaya jika produk tersebut diproduksi secara berkelanjutan," katanya.

Ia mengatakan pelaku usaha mikro, kecil dan menengah (UMKM) yang memulai usahanya perlu memperhatikan hal-hal yang menyangkut kemasan sebagai daya tarik, variatif, dan kualitas barang.

"Mengingat beragamnya calon konsumen, akan lebih baik lagi jika harga yang ditawarkanpun juga terjangkau," katanya.

Guna lebih mendekatkan produk dan pelaku UMKM dengan masyarakat, Dinas Perindustrian dan Perdagangan Sleman menggelar Pasar Lebaran 2017 di halaman kantor dinas itu pada 12-16 Juni.

Kepala Dinas Perindustrian dan Perdagangan Kabupaten Sleman Tri Endah Yitnani melaporkan Pameran Pasar Lebaran Tahun 2017 ini diikuti sebanyak 60 peserta yang terdiri dari 27 produk makanan, 20 produk fesyen, 12 produk kerajinan, dan satu produk kecantikan.

"Selain stan UMKM, ada juga stan sembako murah dengan komoditas beras, minyak goreng, gula pasir, bawang putih, dan daging sapi. Penyediaan sembako murah tersebut bekerjasama dengan Bulog Yogyakarta dan PT Dwi Cakra serta disponsori PDAM Sleman dan pihak lain," katanya.

Ia mengatakan kegiatan ini untuk mempromosikan dan membangun produk UMKM binaan Disperindag Kabupaten Sleman kepada masyarakat Sleman.

"Dengan dikenalnya produk tersebut maka diharapkan masyarakat Sleman akan terus mempergunakan produk-produk lokal hasil usaha pelaku UMKM di wilayah Kabupaten Sleman," katanya.

Tri Endah mengatakan, selain sebagai ajang promosi produk lokal, Pasar Lebaran juga untuk membantu masyarakat Sleman dalam memenuhi berbagai kebutuhan menjelang Hari Raya Idul Fitri dengan harga yang terjangkau.

"Dengan tema `Aku cinta produk Sleman yang kreatif dan inovatif`, Pasar Lebaran ini diharapkan akan mampu menggugah masyarakat untuk sadar menggunakan produk unggulan daerah sendiri, baik dalam pemenuhan kebutuhan pokok maupun kebutuhan penunjang lebaran seperti makanan, minuman, fashion, dan aksesoris," katanya.

Endah mengatakan, selain memiliki kualitas yang mampu bersaing dengan produk luar daerah, produk-produk hasil usaha pelaku UMKM Sleman juga kreatif dan inovatif
V001
Pewarta :
Editor: Nusarina Yuliastuti
COPYRIGHT © ANTARA 2024