Polres: wasspadai empat area rawan kecelakaan Yogyakarta-Wonosari

id gunung kidul

Polres: wasspadai empat area rawan kecelakaan Yogyakarta-Wonosari

Gunung Kidul (Foto Antara)

Gunung Kidul (Antara Jogja) - Kepolisian Resor Gunung Kidul mengimbau kepada para pemudik yang akan menuju wilayah timur melalui daerah ini untuk mewaspadai jalur rawan kecelakaan setidaknya di empat area atau lokasi antara Yogyakarta-Wonosari.

"Dari pemetanan Satlantas, setidaknya terdapat empat area rawan kecelakaan yang perlu diwaspadai untuk jalur Yogyakarta - Wonosari," kata Kasatlantas Polres Gunung Kidul AKP Samiyono di Gunung Kidul, Daerah Istimewa Yogyakarta, Rabu.

Ia mengatakan keempat titik tersebut yakni tikungan Slumprit, tikungan Pedotan hingga jembatan Kali Pentung, ruas jalan Sambipitu sampai dengan tikungan Tleseh, serta ruas jalan Gading sampai Logandeng.

Kontur jalan mulus, namun banyak tikungan tajam, tanjakan sehingga kejadian kecelakaan lalu lintas ?relatif banyak.

"Kami mengimbau agar para pemudik tetap waspada, jika lelah lebih baik beristirahat, selain itu menyiapkan kendaraannya secara optimal untuk menghindari kecelakaan. Kendaraan dicek mulai mesin hingga sistem pengereman," katanya.

Samiyono mengatakan pihaknya menyiapkan personel baik tim urai maupun tim ganjal ban untuk mengantisipasi kemacetan.

"Melihat seperti tahun sebelumnya, kepadatan terjadi saat setelah lebaran H+2 karena banyaknya wisatawan. Nantinya untuk jalur wisata ke pantai, kami siapkan rekayasa arus lalu lintas," katanya.

Kepala Dinas Perhubungan (Dishub) Kabupaten Gunung Kidul Syarief Armunanto mengatakan secara umum jalur Gunung Kidul siap dilalui pemudik. Namun demikian, pihaknya mengingatkan untuk mewaspadai lokasi rawan kecelakaan.

"Semua sudah siap, namun ada jalur yang rawan kecelakaan dan bencana alam," katanya.

Untuk jalur rawan kecelakaan Yogyakarta - Wonosari dan wilayah Kecamatan Semanu di sekitar RSU Pelita Husada yang memiliki jalur lurus, kerap terjadi laka lantas. Untuk jalur rawan bencana alam, Kecamatan Gedangsari, yang rawan terjadi longsor.
KR-STR