Obama akan kunjungi Keraton Yogyakarta

id obama

Obama akan kunjungi Keraton Yogyakarta

Barack Obama (antaranews.com)

Yogyakarta, (Antara Jogja) - Mantan Presiden Amerika Serikat Barack Obama direncanakan akan mengunjungi Keraton Yogyakarta dan Candi Prambanan dalam agenda kunjungannya ke Yogyakarta pada akhir Juni 2017.

"Akan tetapi ini masih tentatif, penyampaian dari pihak Amerika Serikat," kata Kepala Bidang Humas Kepolisian Daerah Istimewa Yogyakarta AKBP Yulianto di Yogyakarta, Jumat.

Menurut Yulianto, selain mengunjungi Keraton Yogyakarta dan Candi Prambanan, Obama beserta rombongan juga direncanakan akan mengunjungi destinasi lainnya termasuk Candi Borobudur, Magelang, Jawa Tengah.

Menurut dia, sebelum menghadiri undangan Presiden Indonesia Joko Widodo dan acara Forum Diaspora di Jakarta, Obama akan menghabiskan waktu di DIY dan Jateng mulai 28 hingga 30 Juni 2017.

Sementara itu, Kepala Penerangan Korem 072/Pamungkas Mayor Samsul Maarif juga mengaku belum mendapat informasi pasti. Namun berdasarkan informasi yang ia terima bahkan Obama akan mengunjungi total lima destinasi di Yogyakarta dan Jateng termasuk Taman Tebing Breksi, Sleman. "Infonya total ada lima sasaran yang dikunjungi, termasuk satu lagi di Taman Tebing Breksi," kata Samsul.

Samsul mengatakan kunjungan Mantan Presiden Amerika Serikat tersebut bukan dalam rangka kunjungan kenegaraan, melainkan sekadar untuk liburan bersama keluarga. "Kabarnya kami dengar sekadar liburan, bukan kunjungan kenegaraan," kata dia.

Meski informasi tersebut masih perlu dikonfirmasi kembali, menurut Samsul pada intinya dari sisi pengamanan, pasukan dari Korem 072/Pamungkas siap terlibat.

Terkait pengamanan kedatangan Obama, pihaknya bersama jajaran lainnya akan menggelar rapat koordinasi pengamanan pada 27 Juni 2017.

"Setelah Rakorpam nanti kami akan tahu sasaran persis yang akan dikunjungi Obama," kata dia.***2***

(L007)

Pewarta :
Editor: Victorianus Sat Pranyoto
COPYRIGHT © ANTARA 2024