Lebaran 2017 - 10 Desa wisata Sleman siap melayani wisatawan

id desa wisata

Lebaran 2017 - 10 Desa wisata Sleman siap melayani wisatawan

Ilustrasi (Foto indah-harwanti.blogspot.com)

Sleman (Antara Jogja) - Sebanyak 10 desa wisata di Kabupaten Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta, siap menerima wisatawan pada libur Lebaran 2017 untuk menginap maupun berwisata.

"Para pengelola desa wisata di Sleman menyatakan kesiapannya menerima wisatawan pada libur Lebaran 2017," kata Kepala Dinas Pariwisata Kabupaten Sleman Sudarningsih di Sleman, Sabtu.

Menurut dia, pihaknya telah memasang sejumlah penunjuk arah ke lokasi desa wisata di kawasan jalur utama mudik maupun jalur alternatif mudik.

"Papan petunjuk untuk memudahkan para pemudik mengetahui lokasi desa wisata di Sleman," katanya.

Ia mengatakan, "home stay" di desa wisata di Sleman dapat menjadi alternatif untuk menginap jika pemudik atau wisatawan kesulitan mencari hotel atau penginapan.

"Jika sudah tidak mendapat kamar hotel, `home stay` di desa wisata dapat menjadi alternatif," katanya.

Di Kabupaten Sleman saat ini terdapat 30 desa wisata, namun dari jumlah tersebut ada yang kondisinya sudah berkembang dan belum berkembang.

"Dari jumlah tersebut, pada Lebaran 2017 hanya 10 desa wisata yang siap untuk menerima wisatawan saat Lebaran," katanya.

Mengingat desa wisata di Sleman yang setiap tahun berkembang, maka diharapkan dapat menjadi alternatif kunjungan wisatawan ke daerah ini, katanya.

"Desa wisata sangat fleksibel karena bisa untuk kegiatan MICE skala kecil dan menengah seperti syawalan, arisan, rapat organisasi maupun lembaga lainnya," kata dia.

Ia mengatakan desa wisata yang siap menerima wisatawan, antara lain, Desa Wisata Pentingsari, Umbulharjo, Cangkringan, Desa Wisata Tanjung, Donoharjo, Ngaglik, dan Desa Wisata Dukuh, Donokerto Turi.

Kemudian Desa Wisata Rumah Domes, Sumberharjo, Prambanan, Desa Wisata Pulesari, Wonokerto, Turi, Desa Wisata Brayut, Pendowoharjo, Ngaglik, Desa Wisata Grogol, Margodadi, Seyegan, Desa Wisata Jathak II, Sidokarto, Godean, Desa Wisata Kelor Bangunkerto, Turi, dan Desa Wisata Gamplong, Sumberahayu, Moyudan.
V001
Pewarta :
Editor: Nusarina Yuliastuti
COPYRIGHT © ANTARA 2024