Lebaran 2017 - Kepadatan arus mudik di Bantul makin meningkat

id Arus mudik

Lebaran 2017 - Kepadatan arus mudik di Bantul makin meningkat

Ilustrasi, Arus mudik lebaran (Foto ANTARA)

Bantul, (Antara Jogja) - Kepadatan arus mudik yang melintas di jalur-jalur utama wilayah Kabupaten Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta, Sabtu, semakin meningkat dibandingkan dengan hari-hari sebelumnya, mendekati Idul Fitri 1438 Hijriah.

Kepala Dinas Perhubungan Bantul Aris Suharyanta di Bantul, Sabtu, mengatakan data yang dihimpun petugas di lapangan, peningkatan volume kendaraan sudah terjadi sejak H-3 Lebaran atau pada Kamis (22/6) dan terus meningkat hingga H-1 Lebaran.

"Peningkatan volume kendaraan pemudik terlihat sejak H-3 Lebaran karena bertepatan dengan dimulainya cuti bersama, begitu juga H-2 dan H-1 kepadatan volume kendaraan terus bertambah," katanya.

Pihaknya memprediksi puncak arus mudik di wilayah Bantul terjadi pada H-1 Lebaran atau sehari menjelang hari raya itu. Hal itu karena rata-rata pemudik akan melaksanakan perjalanan pada Jumat malam untuk menghindari cuasa panas.

Ia mengatakan sejumlah jalur utama di Bantul yang dilalui pemudik yaitu Jalan Wates Sedayu sebagai pintu masuk dari arah barat, Jalan Wonosari Piyungan atau pintu masuk dari timur, dan jalan lingkar selatan dari arah Yogyakarta.

"Selama masa arus mudik dan balik Lebaran ini diterjunkan personel perhubungan sebanyak 123 anggota yang tersebar di beberapa lokasi maupun titik-titik rawan kemacetan lalu lintas," katanya.

Sementara itu, kata dia, untuk mengantisipasi kepadatan arus lalu lintas hingga menimbulkan kemacetan di jalur utama Bantul, telah disiapkan jalur-jalur alternatif, untuk mengurai kepadatan kendaraan agar kemacetan tidak bertambah parah.

"Untuk antisipasi kepadatan arus dari barat jalur alternatif yang disiapkan yaitu dari simpang tiga Toyan Kulon Progo masuk ke Srandakan-Cengkiran-Wijirejo-Bangunjiwo-Yogyakarta," katanya.

Sedangkan jalur alternatif kedua, yaitu dari Sedayu melewati Pajangan-Yogyakata, sementara dari arah timur dari simpang Sampakan Piyungan ke Banyakan-Pleret-Palbapang-Bantul.

Adapun berdasarkan pantauan di jalur utama Bantul seperti di jalan lingkar selatan pada H-1 Lebaran kepadatan kendaraan pemudik didominasi plat nomor dari luar Yogyakarta baik yang datang dari arah barat maupun timur.***4***

(KR-HRI)
Pewarta :
Editor: Victorianus Sat Pranyoto
COPYRIGHT © ANTARA 2024