Lebaran 2017 - Arus balik di Bandara Adisutjipto mulai meningkat

id bandara adisutjipto

Lebaran 2017 - Arus balik di Bandara Adisutjipto mulai meningkat

ilustrasi, Penumpang kedatangan di Bandara Internasional Adisutjipto Yogyakarta. (Foto Antara/ Victorianus Sat Pranyoto)

Sleman, (Antara Jogja) - Arus balik penumpang di Bandara Internasional Yogyakarta mulai terjadi peningkatan sejak H+1 atau Selasa 27 Juli dengan total penumpang penerbangan domestik mencapai 22.580 orang.

"Pada H+1 tercatat jumlah penumpang mulai meningkat, yakni untuk kedatangan sebanyak 12.969 orang dan keberangkatan sebanyak 9.611 yang dilayani sebanyak 84 penerbangan keberangkatan dan 84 pesawat keberangkatan," kata Communication and Legal Section Head PT Angkasa Pura 1 Bandara Adisutjipto, Liza Anindya Rahmadiani di Sleman, Rabu.

Menurut dia, untuk jumlah penumpang pada Lebaran hari ke dua atau 26 Juni tercatat sebanyak 20.504 penumpang yang terdiri dari kedatangan sebanyak 12.596 penumpang dan keberangkatan sebanyak 7.908 penumpang yang dilayani 81 penerbangan keberangkatan maupun kedatangan.

"Memang sudah terjadi kenaikan jumlah penumpang pada H+1, namun belum signifikan," katanya.

Ia memprediksi puncak arus balik Lebaran 2017 akan terjadi pada H+6 atau 2 Juli 2017.

"Kami prediksikan puncak arus balik terjadi pada H+6 dengan jumlah penumpang total mencapai 29 ribu orang," katanya.

Liza mengatakan, PT Angkasa Pura I Bandara Internasional Adisutjipto Yogyakarta pada Lebaran tahun ini mengadakan posko terpadu dengan berbagai instansi, mulai 15 Juni sampai 11 Juli, di terminal A dan B Bandara Adisutjipto.

"Kami menyarankan, para penumpang menyimpan ikat pinggang dan jam tangan di dalam tas sebelum memasuki `security check point` sehingga proses pemeriksaan lebih cepat dan mengurangi antrean," katanya. ***1***


(V001)