Pendaftar Calhaj 2017 tunggu 20 tahun lagi

id haji

Pendaftar Calhaj 2017 tunggu 20 tahun lagi

ilustrasi.sumut.kemenag.go.id (haji)

Gunung Kidul (Antara Jogja) - Pendaftar calon jamaah haji 2017 Kabupaten Gunung Kidul, Daerah Istimewa Yogyakarta, menunggu diberangkatkan paling cepat 20 tahun lagi atau sekitar tahun 2037.

Pelaksana tugas Kantor Kementerian Agama Gunung Kidul Mukotip di Gunung Kidul, Jumat, mengatakan masalah ini terjadi karena kuota yang diberikan tidak imbang dengan minat warga untuk beribadah haji.

"Sebenarnya minat masyarakat Gunung Kidul untuk berangkat haji semakin meningkat. Tetapi karena kuota yang diberikan tidak imbang dengan jumlah peminat, maka untuk bisa berangkat haji paling tidak tertunda hingga 20 tahun setelah pendaftaran. Kalau mendaftar 2017 ini, baru bisa berangkat 2037 nanti," katanya.

Dia menjelaskan berdasarkan data yang ada, jumlah jamaah haji Gunung Kidul 2017 ini sebanyak 365 orang meliputi 175 pria dan 190 wanita. Jamaah calon haji Gunung Kidul akan diberangkat dalam dua kloter.

"Kloter pertama berangkat 3 Agustus dan kloter kedua 5 Agustus 2017," tambah Mukotip.

Dia mengatakan jamaah calon haji Gunung Kidul harus berangkat dalam dua kloter, disebabkan jumlahnya melebihi untuk diberangkatkan dalam satu kloter.

"Tetapi semuanya sudah kami komunikasikan dengan para calon haji, dan tidak ada masalah. Bahkan sekarang ini proses administrasi sudah selesai dilakukan," kata dia.

Kepala Seksi Penyelenggara Haji dan Umrah Kementerian Agama (Kemnag) Gunung Kidul Muhammad Yusuf menyampaikan?pemeriksaan kesehatan bagi calon jamaah haji akan lebih ketat, hal ini sesuai dengan Permenkes 15/2016.

"Bagi calon jamaah yang sedang melakukan cuci darah, tidak boleh berangkat," katanya.

(U.KR-STR)