Empat F16 patroli terpadu di wilayah barat

id Empat F16 patroli terpadu di wilayah barat

Empat F16 patroli terpadu di wilayah barat

TNI AU mengerahkan pesawat tempur F-16 untuk melakukan patroli udara di wilayah barat perbatsan Indonesia dalam rangka mengamankan kedaulatan NKRI. (ANTARA FOTO/Ampelsa/pras/17)

Pekanbaru (Antara) - Empat unit pesawat tempur jenis F16 Fighting Falcon dari Skuadron Udara 16 Pangkalan Udara Roesmin Nurjadin menggelar patroli terpadu bersandi Operasi Lintas Elang 2017 di Provinsi Nangroe Aceh Darussalam.

"Sesuai rencana, operasi terpadu digelar selama tiga hari hingga 13 Juli 2017," kata Kepala Penerangan Pangkalan Udara Roesmin Nurjadin Mayor Sus Rizwar di Pekanbaru, Rabu.

Rizwar menuturkan hingga hari ini operasi patroli terpadu yang juga melibatkan 67 personel serta dua Hercules C-130 dan Puma TNI AU masih berlangsung.

Dalam operasi yang telah terjadwal di Pangkalan Udara Sultan Iskandar Musa Banda Aceh tersebut dipimpin langsung Komandan Skuadron Udara 16 Letkol Pnb Nur Alimi.

Sejauh ini, operasi patroli terpadu yang bertujuan untuk mengamankan Zona Ekonomi Eksklusif wilayah Indonesia Bagian Barat serta wilayah perbatasan itu berlangsung dengan aman dan lancar.

Melalui operasi ini diharapkan dapat menekan tindak pelanggaran batas wilayah serta kejahatan di jalur sibuk perdagangan dunia, Selat Malaka.

Komandan Pangkalan Udara Roesmin Nurjadnlin, Marsekal Pertama Age Wiraksono berpesan kepada seluruh prajurit yang terlibat dalam misi tersebut agar mengutamakam keamanan dan keselamatan.

"Utamakan faktor keamanan dan safety, agar tugas dapat terlaksana dengan aman dan lancar hingga kembali ke home base," ujarnya.

Lanud Roesmin Nurjadin merupakan satu-satunya Lanud Tipe A di Sumatera. Terdapat dua Skuadron Udara di Pangkalan militer tersebut. Selain Skuadron Udara 16 dengan jet tempur F16 nya, juga terdapat Skuadron Udara 12 dengan Hawk 100/200.
***2***(KR-BAA)
Pewarta :
Editor: Agus Priyanto
COPYRIGHT © ANTARA 2024