Pemerintah diharapkan perbaiki jalan objek wisata pantai

id Gunung Kidul

Pemerintah diharapkan perbaiki jalan objek wisata pantai

logo Pemkab Gunung Kidul (foto istimewa)

Gunung Kidul (Antara) - Pemerintah Kabupaten Gunung Kidul, Daerah Istimewa Yogyakarta, melakukan koordinasi dengan pusat untuk memperbaiki jalan menuju objek wisata ke arah pantai karena berstatus jalan nasional.

Sekretaris Dinas Pariwisata Gunung Kidul Hary Sukmono di Gunung Kidul, Rabu, mengakui banyak keluhan terkait kondisi ruas jalan di sepanjang Pantai Baron hingga Poktunggal kurang baik.

Namun demikian, pihaknya sudah melakukan koordinasi dengan Dinas Pekerjaan Umum Perumahan dan Kawasan Permukiman Gunung Kidul, Pemerintah DIY hingga Satuan Kerja Jalan Nasional, sehingga sebelum libur lebaran kemarin, sudah dilakukan penimbunan di sisi kanan dan kiri.

Hal itu bertujuan bus dan kendaraan lainnya bisa berpapasan. "Kemarin sudah diuruk menggunakan batu putih," katanya.

Dia mengatakan selain ditimbun sisi kanan dan kiri, sejumlah lubang dilakukan penutupan. "Ke depan, semoga ada pelebaran permanen sehingga memberikan kenyamanan bagi wisatawan," katanya.

Sementara itu, wisatawan asal Purwodadi, Jawa Tengah, Tanto mengatakan keindahan pantai di Gunung Kidul belum dibarengi kondisi jalan yang baik dan memadai. Saat liburan seringkali kepadatan karena sempitnya akses jalan.

"Perlu normaliasasi sehingga kendaraan bisa berpapasan. Selain itu tikungan banyak yang tak bisa melihat kendaraan dari arah berlawanan," katanya.

Sebelumnya, Kepala Dinas Pariwisata Gunung Kidul Saryanto mengatakan dari sisi kenyamanan dan keamanan wisatawan memang perlu ada perbaikan. Ke depan pihaknya akan melakukan koordinasi dengan instansi terkait.

"Kami berupaya memperbaiki fasilitas pariwisata," katanya.

(KR-STR)