GL Zoo akan datangkan Jaguar dari Amerika

id Jaguar

GL Zoo akan datangkan Jaguar dari Amerika

Pengunjung berburu pokemon di kawasan Kebun Binatang Gembira Loka, DI Yogyakarta, Sabtu (23/7). (ANTARA FOTO/Hendra Nurdiyansyah/pd/16)

Yogyakarta (Antara Jogja) - Manajemen Gembira Loka Zoo Yogyakarta akan menambah koleksi satwa baru yaitu jaguar hitam dari Amerika Serikat untuk meningkatkan daya tarik kunjungan wisatawan ke kebun binatang itu.

Direktur Gembira Loka Zoo, KRT Joko Tirtono di Yogyakarta, Kamis, mengatakan jaguar hitam (Panthera Onca) yang akan didatangkan tahun 2017 ini rencananya akan menempati "Scracth Zone" atau Zona Cakar.

"Sekarang masih dalam taraf pemesanan dari Amerika," kata dia.

Dengan demikian, GL Zoo akan menjadi kebun binatang pemilik koleksi jaguar selain Taman Safari Bogor dan Jawa Timur Park. Menurut dia, satwa pemakan daging itu kemungkinan akan dihibahkan dari negara asalnya karena kelebihan jumlah satwa.
"Nanti dari Amerika akan memeriksa kandang calon tempat jaguar apakah sesuai dengan persyaratan yang mereka tentukan atau tidak," kata dia.

Selain jaguar, menurut Joko, GL Zoo juga akan mendatangkan sejumlah satwa pemakan daging lainnya untuk mengisi Zona Cakar seperti hyena yang akan didatangkan dari Eropa.

"Nanti kami juga akan mendatangkan hyena serta macan tutul jantan untuk mengisi Zona Cakar," kata dia.

Menurut dia, Zona Cakar yang memiliki luas 1,5 hektare itu akan diisi dengan 13 jenis satwa pemakan daging seperti beruang madu, macan tutul, kucing bulu emas, serta harimau.

Ia mengatakan pembangunan zona cakar yang akan berlokasi di sebelah utara zona burung itu kini telah mencapai 80 persen dan sudah bisa diisi aneka satwa karnivora atau bercakar.

Dia mengatakan seluruh pembiayaan pembangunan zona karnivora bersumber dari kas Gembira Loka Zoo dengan anggaran total mencapai Rp5,5 miliar. Pembangunan itu mampu dilakukan karena setiap tahun kunjungan wisata selalu melampaui target.

Dengan adanya penambahan zona baru tersebut, menurut dia, Manajemen GL Zoo optimistis mampu menarik lebih banyak wisatawan dibanding jumlah kunjungan pada 2016. "Kami harapkan kunjungan meningkat dengan semakin lengkapnya satwa di GL Zoo," kata dia.

(T.L007)