Yogyakarta salurkan BNPT Maret-April pekan depan

id Yogyakarta salurkan BNPT Maret-April pekan depan

Yogyakarta salurkan BNPT Maret-April pekan depan

ilustrasi (antarasulteng.com)

Yogyakarta, (Antara Jogja) - Bantuan pangan nontunai untuk jatah Maret-April di Kota Yogyakarta akan disalurkan ke keluarga penerima manfaat mulai Kamis (27/7) melalui Rumah Pangan Kita.

"Seperti penyaluran jatah Januari-Februari, penyaluran bantuan untuk Maret-April juga akan dilakukan dalam beberapa tahap," kata Kepala Bidang Perlindungan dan Jaminan Sosial Dinas Sosial Kota Yogyakarta Irianto Edi Purnomo di Yogyakarta, Jumat.

Menurut dia, keluarga penerima manfaat yang akan memperoleh bantuan pada penyaluran tahap pertama adalah penerima bantuan yang juga menjadi peserta program keluarga harapan (PKH).

"Mereka diutamakan karena seluruh penerima sudah memiliki kartu untuk mencairkan bantuan. Total penerima bantuan pada tahap pertama ini tercatat sebanyak 10.831 penerima," kata Irianto.

Saat ini, lanjut dia, Dinas Sosial tengah menyiapkan surat undangan untuk seluruh keluarga penerima manfaat sebagai pemberitahuan bahwa mereka sudah bisa mencairkan bantuan mulai Kamis (27/7). Penyaluran bantuan tahap pertama dilakukan selama satu pekan.

Pada penyaluran bantuan pangan nontunai jatah Maret-April, pemerintah sudah menerapkan data penerima baru sehingga dimungkinkan masih ada keluarga penerima bantuan yang belum memperoleh kartu.

"Kartu masih dalam proses pencetakan di bank. Oleh karena itu, penyaluran bantuan dilakukan bertahap sembari menunggu seluruh penerima bantuan memperoleh kartu," katanya.

Irianto memastikan, jumlah bantuan yang akan diberikan kepada setiap keluarga penerima manfaat tidak akan berubah yaitu Rp110.000 per bulan yang dapat digunakan untuk mencairkan 10 kilogram beras kualitas medium dan dua kilogram gula pasir.

Di Kota Yogyakarta terdapat 17.634 keluarga penerima bantuan pangan nontunai. Namun, belum semua penerima mencairkan bantuan untuk jatah Januari-Februari.

"Kami akan meminta wilayah untuk menelusuri warga yang belum mencairkan bantuan jatah Januari-Februari guna memastikan apakah warga masih ada tetapi belum mencairkan bantuan, atau warga sudah pindah," katanya.

Bagi warga yang hendak mencairkan bantuan untuk jatah Januari-Februari, lanjut Irianto, dapat datang langsung ke Rumah Pangan Kita (RPK) Center yang ada di Gedung Bulog Divisi Regional DIY.

"Di sana, pelayanan pencairan bisa dilakukan sewaktu-waktu. Keluarga penerima bantuan sebenarnya tidak selalu harus mencairkan bantuan tetapi bisa menundanya hingga benar-benar membutuhkan. Namun kami tetap berharap agar warga dapat mencairkan hak mereka," katanya.

(E013)

Pewarta :
Editor: Luqman Hakim
COPYRIGHT © ANTARA 2024