400 buku Perpusda Yogyakarta belum dikembalikan pemustaka

id Perpusda

400 buku Perpusda Yogyakarta belum dikembalikan pemustaka

Ilustrasi buku (Foto dekadeku.wordpress.com)

Jogja (Antara) - Sekitar 400 buku koleksi Perpustakaan Kota Yogyakarta diketahui belum dikembalikan oleh pemustaka berdasarkan hasil "stock opname" yang dilakukan selama satu bulan hingga awal Juli.

"Jumlah tersebut memang sangat kecil jika dibandingkan dengan koleksi buku yang kami miliki. Namun, kami tetap berharap agar pemustaka yang masih memiliki pinjaman buku ke perpustakaan untuk segera mengembalikannya," kata Pelaksana Tugas Kepala Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kota Yogyakarta Wahyu Hendratmoko di Yogyakarta, Sabtu.

Ia berharap, buku tersebut tidak hilang tetapi tetap dikembalikan oleh pemustaka. "Mungkin saja pemustaka belum sempat mengembalikan buku dan mereka tidak bisa mengembalikan buku saat kami melakukan `stock opname`," katanya.

Oleh karena itu, ia berharap banyak pemustaka yang mengembalikan buku saat layanan di Perpustakaan Kota Yogyakarta sudah kembali normal seperti saat ini.

Wahyu mengatakan, Perpustakaan Kota Yogyakarta juga menerapkan standar penagihan buku kepada pemustaka apabila tidak mengembalikan buku dalam waktu lama, di antaranya dengan menelepon, mengirimkan pesan singkat, dan surat ke alamat pemustaka.

"Kami pun akan mengirimkan petugas untuk datang langsung menagih buku jika alamat pemustaka terjangkau. Biasanya, jika pemustaka berstatus mahasiswa, maka mereka pasti akan mengembalikannya," katanya.

Namun, jika buku tersebut sudah dinyatakan hilang dan tidak bisa dikembalikan, maka pemustaka diwajibkan mengganti dengan buku yang sama atau buku serupa jika buku tersebut tidak lagi beredar di pasaran.

"Kami tidak menerima penggantian dalam bentuk uang. Tentunya, kami juga akan membuat berita acara mengenai buku yang hilang tersebut agar semuanya tercatat dengan baik," katanya.

Selain buku hilang, Perpustakaan Kota Yogyakarta juga menemukan sejumlah buku yang rusak pada saat melakukan "stock opname" dan harus diperbaiki, seperti disampul ulang atau diberi "barcode" ulang.

Saat ini, total jumlah koleksi buku milik Perpustakaan Kota Yogyakarta mencapai sekitar 30.000 judul dengan sekitar 36.000 eksemplar.

(E013)
Pewarta :
Editor: Hery Sidik
COPYRIGHT © ANTARA 2024