DLH Yogyakarta luncurkan "web site" optimalkan pelayanan

id pemkot

DLH Yogyakarta luncurkan "web site" optimalkan pelayanan

Pemerintah Kota Yogyakarta (istimewa)

Yogyakarta (Antara Jogja) - Dinas Lingkungan Hidup Kota Yogyakarta kini sudah memiliki "web site" khusus yang bisa diakses secara terbuka oleh masyarakat guna memudahkan dan meningkatkan pelayanan.

"Sudah ada `web site` khusus yang menampilkan data dan informasi mengenai lingkungan hidup, hingga informasi mengenai pelayanan untuk mendapatkan dokumen lingkungan," kata Kepala Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kota Yogyakarta Suyana di Yogyakarta, Rabu.

Sejumlah data lingkungan hidup yang disajikan secara terbuka melalui "web site" yang beralamatkan di lingkunganhidup.jogjakota.go.id tersebut, di antaranya data mengenai kualitas udara, kualitas air, jumlah pohon perindang, data mengenai bank sampah, ruang terbuka hijau publik, hingga sekolah adiwiyata.

Selain itu, lanjut Suyana, di dalam "web site" tersebut juga disajikan informasi mengenai alur dan persyaratan untuk mengajukan dokumen lingkungan hidup.

Suyana menambahkan selama ini, banyak masyarakat yang mencari dokumen lingkungan hidup khususnya pelaku usaha tidak memiliki gambaran apapun saat mengajukan permohonan dokumen lingkungan hidup.

"Mereka asal datang dan langsung mengajukan dokumen lingkungan hidup sehingga merasa bahwa proses yang dibutuhkan untuk mendapatkan dokumen tersebut sangat lama," katanya.

Ia menambahkan masyarakat umum juga bisa melihat secara langsung mengenai dokumen lingkungan hidup yang sudah dikeluarkan.

"Banyak masyarakat yang menanyakan apakah usaha tersebut sudah memiliki dokumen lingkungan atau belum. Sekarang, mereka bisa melihatnya secara langsung melalui `web site` ini, bahkan memberikan masukan ke kami," katanya.

Suyana pun menegaskan bahwa instansi yang dipimpinnya berkomitmen untuk terus memperbarui data yang ditampilkan melalui "web site" tersebut.


(E013)

 
Pewarta :
Editor: Nusarina Yuliastuti
COPYRIGHT © ANTARA 2024