UNY raih medali emas I-EIE di Malaysia

id UNY

UNY raih medali emas I-EIE di Malaysia

UNY (Foto Istimewa)

Yogyakarta, (Antara Jogja) - Tim Universitas Negeri Yogyakarta meraih medali emas di ajang International Eureka Innovation Exhibition (I-EIE) 2017 di Universiti Kuala Lumpur Malaysian Spanish Institute, Malaysia.

"Kami mendapatkan medali emas pada kategori `renewable energy` dengan menyajikan karya berjudul `Utilization Cyperus Rotundus and Lophaterum Gracile Brogn as an Alternative Fuel Gasoline`," kata anggota tim UNY Muhammad Rezky Fathurrochim di Yogyakarta, Rabu.

Ia mengatakan karya inovasi yang dikembangkan tim UNY itu adalah bahan bakar alternatif motor bensin yang berbahan dasar rumput. Tim membuat produk bernama Bioki yang merupakan campuran bioetanol dari rumput dengan bensin pada perbandingan campuran tertentu.

"Kami telah menguji coba keefektifan inovasi itu pada sepeda motor dan didapat hasil torsi dan `power` menjadi lebih baik dibandingkan dengan bensin tanpa dicampur Bioki," kata Fathurrochim.

Anggota Tim UNY Probo Wiratsongko menambahkan bahwa medali emas yang diraih dalam ajang itu merupakan pencapaian yang sangat luar biasa bagi tim karena tingkat kompetisi pada kategori "renewable energy" atau energi terbarukan sangat tinggi.

"Tingkat kompetisi kategori `renewable energy` sangat tinggi karena diikuti inventor-inventor lain yang telah memiliki hak paten dan telah memenangkan medali emas pada `event` lain," katanya.

Menurut dia, I-EIE merupakan kegiatan` tahunan tingkat internasional yang diadakan oleh Universiti Kuala Lumpur Malaysian Spanish Institute (UniKL-MSI) yang bekerja sama dengan Majelis Amanat Rakyat (Mara) dan International Federation of Inventors Association (IFIA).

"Ajang I-EIE 2017 yang berlangsung selama tiga hari, 25-27 Juli itu diikuti oleh ratusan inventor dari berbagai negara pada jenjang pendidikan yang berbeda seperti profesor, doktor, dan insinyur," kata Probo.

Selain Muhammad Rezky Fathurrochim dan Probo Wiratsongko, tim UNY juga beranggotakan Fauziyyah Diyah Anggita Sari dan Dwi Ahmad Arif di bawah bimbingan dosen Program Studi Pendidikan Teknik Otomotif Fakultas Teknik UNY Sudarwanto. ***4***


(B015)

Pewarta :
Editor: Victorianus Sat Pranyoto
COPYRIGHT © ANTARA 2024