Anggaran infrastruktur jalan Gunung Kidul Rp103 miliar

id jalan

Anggaran infrastruktur jalan Gunung Kidul Rp103 miliar

Gunung Kidul (Antara Jogja) - Pemerintah Kabupaten Gunung Kidul, Daerah Istimewa Yogyakarta menganggarkan Rp103 miliar untuk memperbaiki dan pembangunan infrastruktur jalan di wilayah itu.

Kasi Perencanaan dan Pengawasan Bina Marga Dinas Pekerjaan Umum, Perumahan dan Kawasan Permukiman (DPUPKP) Gunung Kidul Ashari Nurkholis di Gunung Kidul, Rabu mengatakan anggaran Rp103 miliar merupakan dana rehab jalan Rp5 miliar dan kegiatan pembangunan peningkatan jalan Rp88 miliar.

"Total panjang jalan yang dikerjakan adalah 1.136,66 kilometer termasuk pembangunan dua jembatan. Anggaran sebesar itu tidak hanya digunakan untuk pembangunan fisik tetapi konsultan pengawas, honor pokja ULP," katanya.

Dikatakan, anggaran yang digunakan dari APBD dan APBN. Adapun beberapa kecamatan yang dilakukan perbaikan diantaranya ?Saptosari, Girisubo, Tanjungsari dan Purwosari. Total jalan kondisi baik sepanjang 515, 46 kilometer, sedang 126, 38 kilometer, rusak ringan 157 kilometer dan rusak berat sepanjang 337,04 kilo eter.

Ashari menyampaikan total kondisi ruas jalan 1.136,66 kilo eter itu membentang di 42 ruas jalan dan didominasi zona selatan seperti kawasan pesisir.

"Pemkab berupaya melakukan perbaikan, dan penambahan jalur," katanya.

Sekda Gunung Kidul Drajat Ruswandono mengatakan untuk menyambut pembangunan bandara internasional di Kulon Progo, pemerintah terus mendorong penyelesaiaian Jalur Jalan Lintas Selatan (JJLS). Dengan lebar jalan 50 meter, jarak Gunung Kidul dan Kulon Progo melalui JJLS dapat ditempuh dalam waktu satu jam.

"Kalau JJLS selesai 2019 mendatang, saya yakin kunjungan pariwisata ke Gunung Kidul akan luar biasa," katanya.
KR-STR