Gunung Kidul diharapkan mengembalikan fungsi Kawasan Siyono

id gunung kidul

Gunung Kidul diharapkan mengembalikan fungsi Kawasan Siyono

Icon Gunung Kidul Handayani (Foto Antara)

Oleh Sutarmi
Gunung Kidul (Antara Jogja) - Anggota DPRD Kabupaten Gunungkidul, Daerah Istimewa Yogyakarta, Ery Agustin Sudiyati mengharapkan pemerintah setempat mengembalikan fungsi kawasan Gedung Serbaguna Siyono sebagai tempat istirahat dan "show room" produk lokal.

Sekretaris Fraksi Golkar DPRD Gunungkidul Ery Agustin Sudiyati di Gunungkidul, Kamis, mengatakan awalnya pembangunan di sekitar Gedung Serbaguna Siyono diperuntukan untuk show room dan lokasi beristirahat para wisatawan yang akan berkunjung, namun setelah bangunan jadi digunakan untuk restoran dan pusat jajanan.

"Jelas ini sudah melenceng dari tujuan awal," katanya.

Dia mengatakan awalnya lokasi merupakan lokasi kosong yang dibangun beberapa gazebo. Lalu gazebo dipindahkan ke taman kuliner. Setelah kosong, pemkab menggandeng pihak ketiga membangun bangunan megah.

Pemerintah, menurut dia, awalnya berdalih pembangunan untuk memperkenalkan UKM. "Kami berharap bisa dikembalikan seperti semula," katanya.

Ery mengatakan dengan dikembalikan ke konsep awal diharapkan ada sarana untuk mengembangkan UKM di Gunungkidul, sehingga bisa ikut serta dalam peningkatan wisatawan.

"Harapannya ke depan itu pelaku usaha kecil bisa ikut berkembang seiring perkembangan pariwisata," katanya.

Ketua Komis C Purwanto mengatakan pemkab harus segera mengembalikan peruntukan Gedung Serba Guna Siyono ke awal. "Seharusnya konsep awal pengembangan tetap dilakukan," katanya.

Dia mengusulkan kepada pemkab untuk mengubah konsep beberapa titik. Seperti lapangan olahraga di belakang taman kuliner bisa dipindah ke lokasi lain seperti memanfaatkan lahan seluas enam hektare yang ada depat Unit Pelayanan Teknis (UPT) Balai Latihan Kerja (BLK).

"Sehingga lokasi olah raga bisa terpusat, dan taman kuliner bisa dikembangkan," katanya.
KR-STR