Kamis, 17 Agustus 2017

KPU Kulon Progo luncurkan rumah pintar pemilu

id KPU Kulon Progo luncurkan rumah pintar pemilu
KPU Kulon Progo luncurkan rumah pintar pemilu
Pilkada (Foto Istimewa) (istimewa)
Kulon Progo,  (Antara Jogja) - Komisi Pemilihan Umum Kabupaten Kulon Progo, Daerah Istimewa Yogyakarta, akan meluncurkan Rumah Pintar Pemilu dalam rangka memberikan pendidikan nilai-nilai demokrasi kepada masyarakat di wilayah itu.

Salah satu Komisioner KPU Kulon Progo Tri Mulatsih di Kulon Progo, Kamis, mengatakan Rumah Pintar Pemilu (RPP) adalah sebuah konsep pendidikan pemilih yang dilakukan dengan pemanfaatan ruang untuk melakukan edukasi nilai-nilai demokrasi dan kepemiluan kepada semua elemen masyarakat.

"RPP juga merupakan wadah bagi komunitas pegiat pemilu untuk melahirkan gagasan pembaruan dan perbaikan proses politik dan demokrasi di Kabupaten Kulon Progo," kata dia.

Ia mengatakan tujuan dari pendirian RPP ini adalah untuk melakukan pendidikan pemilih yang terus berkesinambungan dengan memperkenalkan nilai-nilai dasar pemilu dan demokrasi. Dalam Rumah Pintar Pemilu disediakan beberapa materi edukasi seperti sejarah pemilu, sistem pemilu, tahapan oemilu dan masih banyak lainnya yang akan memperkaya pemahaman pengunjung tentang pemilu dan demokrasi.

"RPP juga dimungkinkan untuk menikmati dokumen kepemiluan secara visual, mendapat banyak informasi dari display yang disediakan, ada simulasi pemungutan dan penghitungan suara sekaligus diskusi bisa dilakukan di RPP tersebut," katanya.

Selanjutnya, kata Tri Mulatsih, untuk pelaksanaan program pendidikan pemilih dan program KPU yang lainnya, KPU akan membuat nota kesepahaman dengan Pemkab Kabupaten Kulon Progo untuk melaksanakan kerja kerja kepemiluan.

Program tersebut mendapat sambutan baik dari Bupati Kulon Progo. Pelaksanaan teknis dari nota lesepahaman itu direncanakan akan dilaksanakan oleh OPD terkait seperti Disdikpora, Kesbangpol, Dinas Perpustakan dan Kearsipan, Disdukcapil dan Dinsos P3A dan Diskominfo.

"Masing-masing dinas melaksanakan tugas dan fungsinya dalam sosialisasi nilai-nilai demokrasi," katanya.





(U.KR-STR)

Editor: Luqman Hakim

COPYRIGHT © ANTARA 2017

Baca Juga