Kamis, 17 Agustus 2017

Bangunan kawasan Pantai Depok Bantul akan ditata

id Pantai Depok
Bangunan kawasan Pantai Depok Bantul akan ditata
Pantai Depok (Foto ANTARA/IRFAN ADI SAPUTRA)
Bantul (Antara) - Puluhan bangunan dan rumah makan di kawasan Pantai Depok, Parangtritis, Kabupaten Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta, akan ditata karena sudah terlalu dekat dengan garis pantai.

"Akan ada penataan di Pantai Depok, termasuk bangunan-bangunan di tepi pantai akan dipindahkan ke utara sesuai aturan sempadan pantai," kata Kepala Badan Perencanaan dan Pembangunan (Bappeda) Bantul Fenty Yusdayanti di Bantul, Jumat.

Menurut dia, banyak bangunan berupa warung kuliner ikan di kawasan Pantai Depok yang jaraknya kurang dari 200 meter dari garis pantai. Hal itu sudah menyalahi aturan dalam Perda Tata Ruang.

Ia mengatakan penataan bangunan kawasan Pantai Depok akan dikerjakan Pemkab Bantul bersama-sama dengan Pemerintah Provinsi DIY. Untuk penataan kawasan pantai juga masih menunggu `master plan` khusus pantai selatan.

"Mudah-mudahan tahun 2018 sudah bisa dilakukan penataan ulang Pantai Depok. Intinya bangunan-bangunan itu akan digeser ke utara sampai batas sempadan pantai," katanya.

Fenty mengatakan rencana penataan Pantai Depok itu menjadi bagian dari rencana pengembangan kawasan pantai selatan DIY, yang dalam rencana induk nantinya terdapat zona-zona untuk dimanfaatkan sesuai peruntukannya.

"Master plan khusus pantai selatan secara detail memang belum, akan tetapi nanti ada wilayah pantai selatan untuk kepentingan pertanian, pariwisata, maupun pertumbuhan ekonomi," katanya.

Ia menjelaskan hal itu untuk mendukung beroperasinya Jalur Jalan Lintas Selatan (JJLS) proyek pemerintah pusat yang saat ini sedang dikerjakan pembangunannya di sisi barat dan sisi timur Kabupaten Bantul yang tembus dengan kabupatan lain.

"Kami berencana membangun `rest area` di kawasan Pantai Samas, juga area parkir di Pengklik. Jadi, di 2018 nanti sudah ada yang mulai pembangunan fisik," katanya.

(KR-HRI)

Editor: Hery Sidik

COPYRIGHT © ANTARA 2017

Baca Juga