KAI geratiskan tiket KA 17 Agustus 2017

id KAI geratiskan tiket KA 17 Agustus 2017

KAI geratiskan tiket KA 17 Agustus 2017

Ilustrasi kereta api (antaranews.com)

Jakarta (Antara) - PT Kereta Api Indonesia menggratiskan tiket KA lokal di Jawa dan Sumatera dan kereta rel listrik (KRL) semua rute khusus untuk penjualan dan keberangkatan pada Kamis, 17 Agustus 2017.

        "Satu hari itu gratis, orang mau upacara bisa naik kereta, jam operasional seperti biasa dan itu Rp0," kata Direktur Utama KAI Edi Sukmoro saat konferensi pers di Balai Yasa Manggarai, Jakarta,  Selasa.

        Total terdapat 33 nama KA lokal (199 perjalanan) dan 918 perjalanan KRL yang tiket perjalanannya akan digratiskan bertepatan dengan hari peringatan Kemerdekaan RI ini dengan kapasitas penumpang yang diangkut mencapai 1.216.349 orang yang terdiri dari 150.827 penumpang untuk KA lokal dan 1.065.522 penumpang untuk KRL.

        "Bagi masyarakat yang ingin menggunakan moda transportasi KA lokal tersebut, bisa mendapatkan tiket gratis secara 'go show' (langsung) di loket penjualan langsung di stasiun keberangkatan pada Kamis, 17 Agustus 2017 di stasiun dengan tarif Rp0," katanya.

        Edi mengatakan khusus untuk KA-KA lokal yang tiketnya dapat dibeli H-7/H-30, untuk mendukung program ini, maka mulai 7 Agustus 2017, PT KAI akan menutup sementara reservasi pemesanan tiket KA lokal dimaksud untuk keberangkatan Kamis, 17 Agustus 2017.

        Penjualan tiket KA-KA lokal ini akan kembali dibuka secara "go show" pada Kamis, 17 Agustus 2017.

        Sementara itu, bagi masyarakat yang telah melakukan pembelian tiket KA-KA lokal H-7/H-30 dengan tarif normal untuk keberangkatan Kamis, 17 Agustus 2017, maka dapat melakukan pengembalian uang atau "refund" termasuk bea pesan di stasiun kedatangan dengan menyerahkan bukti tiket atau boarding pass KA lokal dimaksud.

        Proses pengembalian uang dapat dilakukan mulai tanggal 17 Agustus 2017 hingga 18 Agustus 2017 pukul 18.00 WIB di loket stasiun kedatangan.

        Berikut adalah daftar nama KA lokal yang dibebaskan biaya tiketnya untuk perjalanan tanggal 17 Agustus 2017, Cut Meutia Kruengmane - Kruenggeukeuh, Sri Lelawangsa Medan - Binjai, Sibinuang Padang - Pariaman, Lembah Anai Kayutanam - Lubukalung, Kertalaya Kertapati - Indralaya, Seminung Tanjung Karang - Kotabumi, Way Umpu Tanjung Karang - Kotabumi, Lokal Merak Rangkasbitung - Merak, Jatiluhur Cikampek - Tanjung Priok, Cilamaya Ekspres Purwakarta - Tanjung Priok, Walahar Ekspres Purwakarta - Tanjung Priok, Pangrango Bogor - Sukabumi, Bandung Raya Ekonomi Cicalengka - Padalarang, Patas Bandung Raya Cicalengka - Padalarang, Cibatuan Cibatu - Purwakarta, Siliwangi Cianjur - Sukabumi.

        Kemudian, Kedung Sepur Semarangponcol - Ngrombo, Kaligung Semarangponcol - Brebes, Blora Jaya Semarangponcol - Cepu, Prameks Solobalapan - Kutoarjo, Batara Kresna Purwosari - Wonogiri, Kalijaga Solobalapan-Semarang Poncol, Dhoho Surabaya Kota - Blitar, Dhoho Penataran Surabaya Kota - Blitar, Penataran Surabayakota - Blitar, Penataran Dhoho Surabayakota - Blitar, Tumapel Surabaya Kota - Malang, Jenggala Sidoarjo - Mojokerto, Ekonomi lokal sb-kts Surabaya Kota - Kertosono, Ekonomi lokal  sda-bj Sidoarjo - Bojonegoro, KRD sgu-pr Surabaya Kota - Porong, KRD sbi-lmg Surabaya Pasarturi - Lamongan, Pandanwangi Jember - Banyuwangi.

        "Untuk KRL Jabodetabek semua rute Walaupun berlabel 'gratis' namun demi keselamatan, keamanan, dan kenyamanan penumpang selama perjalanan, KA-KA lokal tersebut tetap akan mengangkut sesuai dengan batas kapasitas maksimum yang telah diatur dalam Keputusan Menteri Perhubungan No.8/2001 tentang Angkutan Kereta Api, Pasal 10, yakni 150 persen dari okupansi, " katanya.

        Sementara itu bagi pengguna jasa KRL di Jabodetabek dan sekitarnya, PT KAI Commuter Jabodetabek (KCJ) sebagai operator layanan KRL akan memberikan layanan KRL Gratis ini kepada seluruh pengguna KRL yang memakai Kartu Multi Trip (KMT), Tiket Harian Berjaminan (THB), dan kartu bank yang telah berkerja sama dan dapat digunakan untuk perjalanan KRL.

        Layanan KRL gratis dapat dimanfaatkan masyarakat sepanjang hari pada 17 Agustus 2017, mulai keberangkatan KRL pertama hingga KRL terakhir tiba di tempat tujuan.

        Layanan tersebut juga berlaku untuk seluruh relasi KRL.

        "Dalam menggunakan layanan KRL gratis, masyarakat perlu memperhatikan sejumlah ketentuan terutama terkait tiket elektronik KRL Jabodetabek," katanya.

        Masyarakat yang memiliki KMT maupun THB harus melakukan menempel (tap in dan tap out) dengan sempurna di stasiun. Bagi pengguna Kartu Multi Trip (KMT) dan kartu bank ketentuan saldo minimum Rp13.000  tetap berlaku.

        Khusus para pengguna yang memilih menggunakan Tiket Harian Berjaminan (THB) tetap harus memiliki tiket sesuai relasinya dan memberikan uang jaminan kartu sebesar Rp10.000.

        Pembelian maupun pengisian relasi tidak dikenakan biaya, sementara uang jaminan juga akan dikembalikan sepenuhnya kepada pengguna saat mengembalikan kartu THB.

         Bagi pengguna yang tidak mengikuti ketentuan tiket elektronik KRL Jabodetabek, juga akan dikenakan penalti dan suplisi seperti biasa.

        "Bagi masyarakat yang ingin melakukan perjalanan dengan KA lokal dan komuter secara gratis pada tanggal 17 Agustus mendatang, harus  mengikuti ketentuan yang berlaku bagi ka lokal/krl dan  memperhatikan keselamatan, keamanan, ketertiban, dan kenyamanan, baik saat mengantri tiket maupun dalam perjalanan dengan KA.  ujarnya.    ***1*** (J010)
Pewarta :
Editor: Agus Priyanto
COPYRIGHT © ANTARA 2024