109 veteran Gunung Kidul peroleh tunjangan pensiun

id veteran

109 veteran Gunung Kidul peroleh tunjangan pensiun

Ilustrasi (Foto antaranews.com)

Gunung Kidul (Antara) - Kantor Administrasi Veteran Kabupaten Gunung Kidul, Daerah Istimewa Yogyakarta, mencatat dari 170 veteran, sebanyak 109 veteran sudah memperoleh tunjangan pensiun.

Kepala Kantor Administrasi Veteran Gunung Kidul Mayor Inf Wahyudi Hutomo di Gunung Kidul, Rabu, mengatakan total veteran yang masih hidup saat ini hanya tinggal 170 veteran, sebanyak 109 veteran di antaranya mendapat tunjangan veteran atau pensiun.

"Memang belum semua mendapatkan tunjangan," katanya.

Ia mengatakan, pihaknya akan melakukan pendataan kembali. Kalau memenuhi persyaratan, pihaknya akan segera mengurus dana pensiun yang ada.

"Kami mengimbau kepada para veteran atau keluarganya untuk melakukan pendaftaran untuk mendapatkan tunjangan veteran," katanya.

Seorang warga Dusun Plembungan, Desa Putat, Kecamatan Patuk, Sugeng merupakan seorang veteran, namun tidak mendapatkan pensiun. Sejak enam bulan terakhir Sugeng sudah tidak mampu lagi bekerja di ladang karena kakinya sudah tidak kuat untuk berdiri lama. Untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari dirinya hanya mengandalkan uluran tangan dari tetangga dan saudaranya.

Sugeng yang merupakan seorang tentara Pembela Tanah Air atau Peta hingga saat ini tidak pernah mendapatkan bantuan dari pemerintah, tunjangan veteran yang seharusnya diberikan kepada para pejuang sampai saat ini belum pernah dirasakan oleh Sugeng meski dirinya sudah mengajukan permohonan beberapa tahun lalu.

Kakek yang kini berusia 91 tahun itu masih ingat betul saat dirinya diminta untuk mempertahankan kemerdekaan dan berperang di Ambarawa pada 1945. Saat itu banyak teman Sugeng yang tewas akibat peperangan tersebut.

Meski memiliki tujuh orang anak, namun Sugeng terpaksa hidup seorang diri karena anak-anaknya sudah berumah tangga dan tidak ada yang menemaninya. Sang istri tercinta sudah meninggal dunia sejak dua tahun lalu.

(KR-STR)