Sultan memimpin upacara HUT Kemerdekaan RI

id sultan

Sultan memimpin upacara HUT Kemerdekaan RI

Gubernur Daerah Istimewa Yogyakarta Sultan Hemengku Buwono X memimpin Upacara Hari Ulang Tahun ke-72 Kemerdekaan Republik Indonesia di Halaman Istana Kepresidenan Gedung Agung, Yogyakarta, Kamis (17/8). (Foto ANTARA/Luqman Hakim)

Yogyakarta (Antara Jogja) - Gubernur Daerah Istimewa Yogyakarta Sultan Hemengku Buwono X memimpin Upacara Hari Ulang Tahun (HUT) ke-72 Kemerdekaan Republik Indonesia di Halaman Istana Kepresidenan Gedung Agung, Yogyakarta, Kamis.

Upacara yang dimulai tepat pukul 10.00 WIB dengan komandan upacara Komandan Kodim 0730/Gunung Kidul Letkol inf M.Taufik Hanif itu dihadiri ratusan peserta dari TNI, Polri, SKPD Pemda DIY, DPRD DIY, pelajar, mahasiswa, serta pramuka.

"Saya berharap peringatan 17 Agustus ini tidak sekadar menjadi formalitas tetapi harus memahami arti dari nilai kemerdekaan itu sendiri," kata Sultan HB X seusai memimpin upacara.

Sultan berharap dalam setiap perhelatan peringatan hari kemerdekaan Indonesia, masyarakat dapat memahami pengorbanan para pejuang serta pendiri bangsa yang dengan jiwa raganya memerdekakan negara ini.

"Kita harus mengerti nilai kemerdekaan itu dan perlu diejawantahkan oleh setiap pejabat dan masyarakat," kata dia.

Dengan memahami arti kemerdekaan serta nilai pengorbanan para pejuang, Raja Keraton Yogyakarta itu juga berharap masyarakat selalu merawat toleransi dan kebersamaan demi menjaga keutuhan NKRI.

"Toleransi dan kebersamaan menjadi kekuatan dalam proses dari awal republik ini dibangun," kata Sultan.

Sementara itu, Wakil Gubernur DIY KGPAA Paku Alam X berharap momentum peringatan HUT ke-72 Kemerdekaan RI ini bisa menjadi wahana interospeksi semua kalangan sehingga dapat mencegah munculnya benih intoleransi dan radikalisme yang menjadi musuh bersama.

"Dalam hal ini Pemerintah tidak bisa sendiri, warga juga tidak bisa sendiri. Dengan demikian harus ada sinergitas," kata dia.

Pelaksanaan upacara detik-detik proklamasi tersebut juga dihadiri oleh puluhan veteran pejuang di Yogyakarta.

Upacara tahunan tersebut menarik masyarakat Yogyakarta serta wisatawan yang melintas di depan Gedung Agung yang lokasinya tidak jauh dari kawasan wisata belanja Malioboro itu untuk menyaksikan prosesi upacara HUT Kemerdekaan RI secara langsung.
L007